detikHot

movie

'Makmum' Tayang di 4 Negara, Tak Sia-sia Keimanan Titi Kamal Diuji

Kamis, 01 Agu 2019 16:15 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Titi Kamal (Hanif/detikHOT) Foto: Titi Kamal (Hanif/detikHOT)
Jakarta - 'Makmum' jadi film horor pertama Titi Kamal. Kemampuan akting Titi Kamal dalam film ini tidak akan hanya diputar di Indonesia.

Film ini diadaptasi dari film pendek yang sudah populer dengan judul yan sama. Menurut Produser Dheeraj Kalwani menggarap film ini mempunyai tantangan sendiri.

Versi pendek film Makmum karya Riza Pahlevi yang diunggah pada November 2016 telah ditonton lebih dari 17 juta orang. Pada 15 Agustus 2019 selain Indonesia 'Makmum' juga akan diputar di Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.



"Saya rasa kita semua terikat sama mayoritas penduduk Melayu itu muslim jadi cerita tentang Makmum sangat dekat dengan kehidupan kita semua," kata Riza Pahlevi, sutradara film pendek 'Makmum'.

Titi Kamal yang menjadi pemeran utama merasa tidak sia-sia mau menerima tawaran bermain di film ini. Banyak hal yang Titi Kamal pertimbangkan menerima film ini dan merasa keimanannya sendiri juga ikut diuji.

"Awalnya mikir gitu juga pas diminta membintangi film ini. Tapi pas baca skenarionya, apalagi selesai syuting itu baru sadar film ini justru akan menguji keimanan kita. Habis nonton pasti tambah khusyuk sholatnya," timpal Titi.

Titi merasa 'Makmum' mempunyai pesan moral yang kuat. Itu juga yang menjadi pelajaran untuk dirinya lebih khusyuk saat beribadah.

"Kita kalau sudah takbir, memulai sholat seharusnya hati, jiwa, dan raga kita tunduk sama Allah. Gangguan apapun tak akan membuat salat kita goyah. Pesan persabahatan juga kental pada karakter-karakter penghuni asrama di film 'Makmum' ini," tambahnya.

Alasan film ini bisa diputar di empat negara karena kemiripan budaya dan secara spiritual. Selain itu, film pendeknya juga telah meraih banyak penghargaan bergengsi, salah satunya Direction Special Mention di The Crappy International Movies in Sueca (CIM-Sueca) di Spanyol.



Film ini mengisahkan sosok gaib yang disebut makmum oleh para penghuni asrama semakin sering mengganggu sejak Rini yang diperankan Titi Kamal menetap kembali di asrama. Rini menyadari ada sesuatu yang memang tidak beres di dalam asrama ini, ia mencoba membantu para siswi dan berusaha menguak misteri tersebut, hingga ia tidak sadar bahwa nyawanya sedang terancam. Selain Titi Kamal, film ini juga dibintagi Ali Syakieb, Jajang C Noer, Tissa Bianni, Bianca Hello, dan Adikia Fitri.


Simak Video "Kisah Perjuangan Titi Kamal Ikut Program Kehamilan"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com