Aktor Motion Capture Andy Serkis Tiru Suara Kucing untuk Gollum

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 31 Jul 2019 11:33 WIB
Foto: Alberto E. Rodriguez/Getty Images
Jakarta -

Andy Serkis menjadi salah satu aktor motion capture yang populer. Eksistensinya di depan kamera kerap ditampilkan dalam wujud tak biasa.

Bila belum tahu, ia berada di balik karakter Gollum dalam 'The Lord of The Rings' dan Caesar, kera dalam trilogi 'Planet of The Apes'.

Teknik motion capture juga menjadi teknik yang populer diterapkan di berbagai produksi film-film besar. Ia bersentuhan dengan teknik animasi yang mewujudkan karakter dalam imajinasi menjadi nyata.

Aktor Motion Capture Andy Serkis Tiru Suara Kucing untuk GollumFoto: Gollum (imdb)


Menjadi makhluk aneh seperti Gollum menjadi tantangan tersendiri bagi Andy Serkis. Suara serak sekaligus mimik yang menyeringai ia peroleh dengan meniru suara kucing.

"Dengarlah bagaimana suara kucing apabila tersedak. Dari situ kemudian aku mengadaptasinya dengan menambahkan kata Gollum pada karakter ini," ungkap Serkis dalam sebuah wawancara.


Ia tampil mengenakan busana yang juga berbeda ketika proses pengambilan gambar berlangsung. Hal yang serupa juga ia lakukan untuk perannya sebagai kera dalam rangkaian cerita 'Planet of The Apes'.

[Gambas:Youtube]


Ia mengenakan kostum khusus dan alat mo-cap yang menempel di tubuhnya. Sistem komputer kemudian menduplikasinya menjadi sesosok kera betulan.

"Yang menantang adalah bagaimana aku menciptakan suara dan cara bicara yang tepat. Ada tekanan dari dalam dada yang dikeluarkan dan mengucapkan kata di ujung bibir," urai Serkis.

Selain Andy Serkis, beberapa aktor lain juga pernah tampil berakting dengan teknik akting seperti ini. Salah satunya Benedict Cumberbatch yang berperan sebagai naga dalam kisah 'The Hobbit' bernama Smaug.



Simak Video "Bocoran Program Akan Ditampilkan di 'Jakarta Film Week'"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)