detikHot

movie

'Yesterday': Ketika Dunia Tanpa The Beatles

Senin, 01 Jul 2019 13:49 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Adegan dalam Yesterday / ist Foto: Adegan dalam Yesterday / ist
Jakarta - The Beatles sering dianggap sebagai band terbesar sepanjang masa. Lalu apa hubungannya The Beatles dengan film 'Yesterday' karya Danny Boyle?

Sang sutradara menyebut 'Yesterday' bukan tentang dunia di mana The Beatles berjaya. Namun, film ini mengangkat tema tentang bagaimana jadinya dunia tanpa keberadaan The Beatles.

'Yesterday' mengeksplorasi tentang pengejaran ketenaran dari sudut pandang yang segar. Film itu juga punya twist ketika seorang penggemar berat John Lennon diminta untuk turut andil di dalamnya. Film itu memantapkan Danny dan Richard Curtis sebagai pendongeng zaman ini.

"Kami bekerja sangat keras untuk memastikan salah satu adegan itu jadi momen yang sangat murni. Saya tahu aktor dan ini bukan alasan untuk melakukan casting untuknya. Tapi saya juga tahu dia adalah penggemar John Lennon," ungkap Boyle.

Sebelum merilisnya akhir pekan ini, 'Yesterday' juga sebelumnya sudah dikirim kepada keluarga The Beatles.

"Kami mengirim semua orang film itu dan kami mendapat pesan indah dari Ringo dan Barbara, dan pesan indah dari Olivia (Harrison), janda George. Saya kira Paul belum menonton film itu, tapi dia melihat dan menyukai trailernya," kata Danny Boyle kepada USA Today.

'Yesterday' menyoroti kehidupan Jack Malik (Himesh Patel) seorang calon musisi yang dunianya tiba-tiba berubah setelah terbangun usai terlibat kecelakaan. Secara serentak, seluruh dunia mengalami mati lampu 12 detik yang misterius, dan Jack adalah satu-satunya orang yang mengingat keberadaan The Beatles dan musiknya.

Walaupun penuh dengan rasa bersalah, Jack pun mulai memanfaatkan keadaan tersebut dengan merilis lagu-lagu The Beatles seakan-akan lagu tersebut adalah miliknya sendiri. Pada akhirnya, Jack Malik pun sukses menjadi superstar dengan bantuan dari lagu-lagu itu.

Dan sepanjang film, penonton pun ikut dibuat terkejut dengan hilangnya sejumlah kultur penting, bukan hanya The Beatles.

Danny Boyle yang baru cabut dari produksi 'Bond 25' memang terkenal atas pengaruhnya di dunia film, termasuk 'Battle of the Bulge' hingga 'The Sound of Music'.


Simak Video "Cerita Maliq & D'Essentials Rekaman di Studio The Beatles"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com