detikHot

movie

Bioskop Berkonsep Rumahan Bikin Arab Saudi Makin Nge-pop

Rabu, 26 Jun 2019 18:11 WIB Nugraha - detikHot
Foto: 2001: A Space Odyssey Foto: 2001: A Space Odyssey
Jakarta - Arab Saudi baru saja bikin heboh karena membuka kelab malam 'halal' untuk pertama kalinya. Meski itu kini sudah ditutup. Setelah itu apa lagi?

Mereka juga baru-baru ini membuka bioskop sejak pelarangan pada 1980. Aturan pelarangan itu telah dicabut dan tepat dua tahun yang lalu, bioskop kembali dibuka.

"Ini menjadi momen penting bagi transformasi Arab Saudi di sisi ekonomi juga budaya," ujar menteri Informasi dan Kebudayaan setempat, Awwad Alawwad.

Kini, mereka juga membuka sebuah bioskop lainnya di Jeddah. Elhoush Cinema itu berkonsep rumah seni yang bisa menampung 75 penonton dengan pemutaran perdana film '2001: A Space Odyssey'.
Bioskop Berkonsep Rumahan Bikin Arab Saudi Makin Nge-popFoto: Getty Images

Inisiatif itu merupakan gagasan dari sutradara Mahmoud Sabbagh, orang di balik film 'Barakah Meets Barakah' dan 'Amra and the Second Marriage'. Sabbagh juga merupakan CEO Red Sea Film Festival yang baru saja diumumkan.

Elhoush diberi nama sesuai dengan perusahaan produksi Elhoush milik Sabbagh. Pembuat film itu mengatakan dia ingin memberi penghormatan ke bioskop-bioskop lama.

Adanya Elhoush membuat jumlah layar di Arab Saudi menjadi hampir 50. AMC Theatres juga kembali dibuka di Riyadh, yang membuat sejarah pada April 2018 dengan pemutaran 'Black Panther'.

Film Marvel Cinematic Universe itu menandai akhir larangan 35 tahun bioskop publik. Sisanya dioperasikan oleh raksasa regional Vox, yang memiliki teater di Riyadh dan Jeddah, termasuk dua layar Imax.


Simak Video "Ada Bioskop Rakyat Indiskop yang Khusus Tayangkan Film Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/ass)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed