detikHot

movie

Jadi 'Minke', Iqbaal Ramadhan Makan di Lantai dan Cuci Baju Sendiri

Kamis, 20 Jun 2019 11:05 WIB Pingkan Anggraini - detikHot
Foto: (instagram film bumi manusia official) Foto: (instagram film bumi manusia official)
Jakarta - Iqbaal Ramadhan mengaku dalam memerankan seorang 'Minke' dari novel trilogi 'Bumi Manusia' sampai harus makan di lantai untuk mendalami karakternya.

Hal ini diakuinya saat ditemui pada jumpa pers peluncuran poster film 'Bumi Manusia' di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/6/2019).

"Saya harus makan di lantai, saya harus ngepel, makan duduk di lantai. Saya sadar saya lahir semua enak. Ini sudah ke arah lebih baik," ujar Iqbaal.

Hal ini ternyata ia lakukan atas arahan dari sang sutradara, Hanung Brahmantyo. Tidak hanya itu, Hanung juga memberikan beberapa buku untuk dibaca Iqbaal hingga menyuruhnya mencuci baju sendiri.



"Di rumah lu tinggalin semua pembantu, tidur di lantai. Makan di lantai ya, cuci baju sendiri," ujar Hanung.

"Sambil baca Multatuli, sambil baca Max Havelaar, sambil baca pemikirannya feminisme Kartini. Terus ada beberapa buku-buku kok yang saya kasih ke dia, dan ini dalam waktu 2 bulan saya suruh begitu," lanjut Hanung.

Iqbaal juga mengaku sangat sulit untuk mendapatkan karakter dari seorang 'Minke' karena tidak ada orang yang dapat memberikan refrensi lebih dalam mengenai karakternya. Ia mengaku telah melakukan banyak riset melalui buku-buku dan video.

"Itu yang paling susah, karena nggak ada yang diajak ngobrol. Yang dikasih Mas Hanung, Mas Hanung bilang 'kamu itu 'Minke', seorang minoritas yang menuntut ilmu. Satu sisi kamu punya rasa nasionalisme, seorang laki-laki independent'. Tidak ada cara lain selain nonton video dan baca buku," papar Iqbaal.



Tonton juga: Agar Berperan Utuh, Iqbaal Ramadhan "Minta Izin" Jadi Minke

[Gambas:Video 20detik]


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com