detikHot

movie

Karier Sandra Bullock dari Bartender hingga Aktris Termahal

Selasa, 11 Jun 2019 17:31 WIB Nugraha - detikHot
Sandra Bullock Foto: Dok. Getty Images Sandra Bullock Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Sandra Bullock adalah aktris pemenang Oscar dan bintang yang punya tabungan banyak dari karya-karyanya. Terakhir, ia bikin heboh usai tampil di 'Bird Box' Netflix.

Hampir satu dekade silam, Sandra Bullock merupakan aktris yang memiliki bayaran tertinggi di dunia. Ia juga tercatat sebagai People's Most Beautiful Woman pada 2015 dan masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time.

Sandra Bullock hanya mendapatkan gaji USD $500.000 dalam film 'Speed' bersama Keanu Reeves. Kini, aktris 54 tahun itu tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar USD $200 juta.

Sandra Bullock lahir pada 26 Juli 1964 di Arlington, Virginia dari ayah bernama John, seorang karyawan Pentagon dari Alabama dan Helga, seorang penyanyi opera dari Jerman. John bertemu Helga ketika dia ditempatkan di Nuremberg.
Sandra BullockSandra Bullock Foto: Frazer Harrison/Getty Images

Mereka menikah di Jerman dan pindah ke Arlington di mana John bekerja sebagai kontraktor di Pentagon. Bullock juga memiliki seorang adik perempuan bernama Gesine.

Bullock menghabiskan 12 tahun pertama hidupnya di Nuremberg, Jerman dan Austria. Bullock tumbuh berbicara dalam bahasa Jerman. Setelah kembali ke A.S. Bullock aktif tampil di produksi teater dan menjadi pemandu sorak.

Ia menempuh pendidikan di East Carolina University dan memperoleh BFA-nya di jurusan drama pada tahun 1987. Setelah lulus, ia pindah ke Manhattan dan bekerja sebagai pemeriksa mantel dan bartender.

Di sana juga, Bullock belajar akting dengan Sanford Meisner. Peran pertamanya adalah dalam serial TV 'Bionic Showdown: The Six Million Dollar Man' dan 'the Bionic Woman' pada 1989.

Setelah itu, ia juga tampil dalam beberapa film kelas dua Hollywood. Kemunculannya jadi perhatian setelah tampil di 'Speed' pada 1994. Ia meraih ketenaran di seluruh dunia, dan gaji yang terus meningkat.

Pada 2010, Sandra Bullock memenangkan Oscar untuk Best Actress untuk perannya di 'The Blind Side'. Setelah itu, ia juga tampil sebagai Dr. Ryan Stone dalam film drama karya Alfonso Cuaron, 'Gravity'.
Sandra BullockSandra Bullock Foto: Dok. Getty Images

Studio tahu mereka membutuhkan bintang besar untuk menarik perhatian penonton dan pada saat itu. Dan, tentu saja, tidak ada yang lebih besar dari Sandra Bullock.

Untuk membuat Bullock masuk ke 'Gravity', Warner Brothers menjamin uang muka sebesar USD $20 juta, ditambah 15 persen dari pendapatan kotor film tersebut atau 15 persen sebelum biaya produksi atau pemasaran dikeluarkan.

Bullock juga berhak atas persentase yang sama yang diperoleh film itu dari penyewaan DVD, barang dagangan, lisensi TV, dll.

Butuh empat setengah tahun untuk membuat 'Gravity'. Film ini sukses besar di box office di seluruh dunia. Film itu juga akhirnya menghasilkan $ 270 juta di Amerika dan $ 435 juta di luar negeri. Bulan ini, total pendapatan film tersebut mencapai USD $723 juta.

Setelah itu, karier Sandra Bullock sedikit melambat. Dua tahun setelah 'Gravity', ia membintangi 'Our Brand is Crisis' disusul 'Ocean's Eight' yang dirilis tahun lalu. Terakhir, ia tampil untuk film Netflix.

Menurut layanan streaming film itu, 45 juta orang menyaksikan 'Bird Box' di minggu pertama rilis. Itu juga merupakan rekor untuk perusahaan tersebut dan tentu saja, itu juga sebagai bukti bahwa 25 tahun setelah ia menerobos dengan bus bersama Reeves di 'Speed', Sandra Bullock masih menarik perhatian.




(nu2/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com