detikHot

movie

'Always Be My Maybe': Tontonan Terbaik Saat Liburan

Kamis, 06 Jun 2019 18:30 WIB Candra Aditya - detikHot
Foto: Always be My Maybe (imdb.) Foto: Always be My Maybe (imdb.)
Jakarta - 'Always Be My Maybe' adalah sebuah produk Netflix yang sempurna. Setelah sukses dengan 'Set It Up' tahun lalu kemudian diikuti dengan 'To All The Boys I've Loved Before', Netflix menasbihkan dirinya sebagai produsen romantic comedy yang jaminan mutu. Tepat menjelang liburan hari raya, Netflix merilis 'Always Be My Maybe' yang ternyata menjadi karya terbaiknya sejauh ini.

Dalam film ini kita bertemu dengan dua sahabat yang tetanggaan. Sasha (Miya Chech sebagai versi 12 tahun dan Ashley Liao sebagai versi 15 tahun) dan Marcus (Emerson Min sebagai versi 12 tahun dan Jackson Geach sebagai versi 15 tahun) sering menghabiskan waktu bersama karena orang tua Sasha absen dalam hidupnya untuk mengurus toko mereka. Sasha setiap hari bermain ke rumah Marcus. Dan ikatan keduanya sungguh erat.

Tragedi terjadi ketika keduanya sedang berkabung. Beberapa kalimat yang tidak bisa lagi ditarik diucapkan. Sasha (Ali Wong) marah kepada Marcus (Randall Park). Dan keduanya pun lost contact selama lebih dari lima belas tahun. Sasha kini menjadi celebrity chef terkenal dengan seorang investor kaya raya nan tampan di sampingnya, Brandon (Daniel Dae Kim). Sementara Marcus bekerja sebagai tukang servis AC bersama ayahnya, Harry (James Saito).

'Always Be My Maybe': Tontonan Terbaik Saat LiburanFoto: Always be My Maybe (imdb.)



Kesuksesan Sasha membuat Sasha harus pergi ke kampung halamannya, di San Fransisco, dalam beberapa minggu lagi. Beberapa saat sebelum pergi Brandon mengatakan bahwa mereka sebaiknya menunda pernikahan mereka. Ide tersebut sepertinya sebuah keputusan terburuk di dunia. Sampai akhirnya dia kembali bertemu dengan Marcus dan nostalgia pun dimulai.

Secara sekilas 'Always Be My Maybe' masih mengikuti semua konvensi yang ada di film romantic comedy. Apapun yang Anda suka (atau mungkin benci) dari film-film sejenis, ada di sini. Visual yang sangat indah dan sempurna, lagu-lagu yang easy listening dan hubungan antara kedua karakternya yang naik turun sebelum akhirnya diakhiri dengan happy ending semuanya ada di 'Always Be My Maybe'. Yang menjadikan film ini revolusioner adalah kenyataan bahwa semua fantasi itu terasa believable dan nyata.

Dibintangi dan ditulis oleh sahabat dekat (Ali Wong dan Randall Park menulis film ini bersama dengan Michael Golamco), 'Always Be My Maybe' terasa sangat realistis karena baik Ali Wong dan Randall Park mempunyai chemistry yang luar biasa bagus. Ketika mereka berinteraksi, kita bisa merasakan ada sejarah dalam hubungan mereka.

'Always Be My Maybe': Tontonan Terbaik Saat LiburanFoto: Always be My Maybe (imdb.)



Setiap inside jokes terasa seperti hal-hal yang memang diutarakan oleh sepasang sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Randall Park dan Ali Wong tidak perlu menjelaskan semua sejarah mereka kepada penonton melalui eksposisi karena dari akting mereka saja kita sudah merasakannya.

Yang revolusioner kedua dari 'Always Be My Maybe' adalah fakta bahwa film ini mengangkat ke-Asia-annya dengan sangat tinggi. 'Crazy Rich Asians' mungkin menjadi pionir dalam hal ini. Tapi film ini tetap bisa menjadi yang pertama dalam menggambarkan bagaimana Asian-American berinteraksi.

Ini mungkin satu-satunya romantic comedy saat ini yang ditulis dan dibintangi oleh Asian-American. Dan hal ini dieksplor dengan teliti oleh Nahnatchka Khan sebagai sutradara.

Jika Anda teliti, Anda akan melihat bagaimana Khan dengan halus menjelaskan bahwa tidak semua orang Asia sama. Bagaimana kultur Sasha (Cina) dan Marcus (Korea) berbeda meskipun mereka terlihat Asia. Dalam satu adegan pesta kita bahkan melihat dua orang anak kecil melepas alas kaki mereka sebelum masuk ke rumah. Bagi warga Asia seperti kita, hal tersebut adalah hal yang sangat biasa. Bagi penonton non-Asia, hal tersebut adalah sebuah informasi yang cukup penting.

Film ini juga menjadi sebuah tontonan yang sangat spesial karena dibandingkan dengan film-film sejenis, 'Always Be My Maybe' sangat peduli terhadap karakter-karakternya. Dalam romantic comedy, ia hanya peduli terhadap karakter utamanya. Mereka biasanya hanya peduli terhadap Kate Hudson dan Matthew McCounaghey.

Tapi dalam 'Always Be My Maybe', kita melihat karakter-karakter pembantunya pun dibuat serealistis mungkin. Dalam film ini kita menyaksikan bapak Marcus, Harry yang sangat peduli terhadap anaknya. Veronica (Michelle Buteau), sahabat Sasha, yang tidak hanya kocak tapi juga mempunyai comedic timing yang sangat bagus.

Jenny (Vivian Bang), pacar Marcus yang keanehannya akan membuat Anda tertawa terbahak-bahak. Sampai personel band Marcus, Hello Peril. Tony (Karan Soni) dan Ginger (Charlyne Yi) memberikan dinamika yang pas untuk membuat dunia Always Be My Maybe terasa tiga dimensional.

Sebagai seorang aktor, kualitas Randall Park sudah tidak perlu diragukan lagi. Dia pernah menjadi Kim Jong Un dalam The Interview, bahan tertawaan Selina Meyer dalam serial 'Veep' dan menjadi bapak-bapak kepala keluarga dalam serial komedi terkenal 'Fresh Off The Boat'.

'Always Be My Maybe': Tontonan Terbaik Saat LiburanFoto: Always be My Maybe (imdb.)


Sementara itu Ali Wong yang memang belum begitu diasah kemampuannya sebagai seorag aktor membuktikan bahwa dia lebih dari sekedar stand up comic. Ali Wong, yang dua stand upnya di Netflix (Baby Cobra dan Hard Knock's Wife), ternyata mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk membuat kita jatuh cinta dan peduli dengan hidup Sasha. Ketika keduanya bertemu, layar bergetar.

Marcus dan Sasha tidak hanya terasa menggemaskan tapi juga kocaknya luar biasa. Highlight dari 'Always Be My Maybe' adalah di bagian-bagian leluconnya yang tak terhingga. Ada satu sequence di restoran yang melibatkan Keanu Reeves yang menjadikan 'Always Be My Maybe' langsung sebagai instant classic.

Pada akhirnya 'Always Be My Maybe' hadir di saat yang tepat. Liburan ini, ajak saudara, teman atau pasangan Anda untuk merasakan pengalaman menonton romantic comedy yang menyenangkan. Komedi romantis ini tidak hanya menawarkan kisah cinta yang menggemaskan tapi juga lelucon-lelucon yang sungguh kocak dan juga sebuah gambaran yang sangat Asia tentang betapa pentingnya sebuah keluarga.

'Always Be My Maybe' dapat disaksikan di Netflix




(doc/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed