detikHot

movie

Yang Harus Diketahui Tentang Kisah 'Si Doel'

Sabtu, 01 Jun 2019 17:12 WIB Devy Octaviany - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - 'Si Doel' tak hanya menjadi tayangan populer yang pernah digandrungi di layar kaca. Ada perjalanan panjang yang dilalui cerita tentang anak Betawi ini hingga kisahnya diangkat ke layar lebar. Berikut di antaranya:

1. Diangkat dari novel

'Si Doel' bukan semata-mata kisah fiksi ciptaan Rano Karno yang ia bawa ke televisi hingga kini menjadi film. Rano Karno terinspirasi sejak lama dari kisah anak Betawi ini sejak membaca novel aslinya berjudul 'Si Doel Anak Betawi'.

"Jadi novel 'Si Doel' ini saya baca sejak usia saya 8 tahun, karangan Aman Datuk Madjoindo, itu menjadi bacaan yang menjadi idola saya. Jadi apa yang Si Doel lakuin di buku, itu saya lakuin di dunia nyata," ungkap Rano Karno.

2. Sempat ditolak tayang di TV

Rano Karno membawa kisah 'Si Doel' ke televisi di era 1992. Akan tetapi, ada proses tak mudah yang ia lalui hingga akhirnya kisah ini menjadi favorit.

"Dulu saya bolak-balik ditolak banyak stasiun TV nawarin cerita 'Si Doel' ini untuk tayang. Bahkan pihak RCTI sempat menolak berkali-kali. Saya rasa, akhirnya 'Si Doel' bisa tayang di TV itu karena stasiun TV itu kasihan sama saya," ungkap Rano Karno seraya tertawa menceritakan pengalamannya.



3. Mandra jadi satu-satunya karakter yang namanya tak diganti

Dalam cerita 'Si Doel' kita melihat Mandra sebagai sosok yang mencairkan suasana dengan tingkahnya yang memancing tawa. Diungkapkan Rano Karno, Mandra menjadi satu-satunya pemain yang namanya tak diganti beda dengan pemeran lain.

4. Hanya Rano Karno yang tahu jalan cerita 'Si Doel' sepenuhnya

Hal ini diungkapkan Maudy Koesnaedi. Ia mengatakan kerap diminta beradegan di luar skenario.

"Bang Rano emang suka gitu. Saya sering tiba-tiba diminta ganti baju terus ambil posisi seperti yang diminta Bang Rano. Seringnya diam tanpa bicara, kadang saya bingung itu buat adegna yang mana," ungkap Maudy belum lama ini.

5. 'Si Doel' akan dibuat trilogi

Trilogi menjadi hal yang ditetapkan Rano Karno untuk cerita 'Si Doel' ini di layar lebar. Sebab, Rano punya pemikiran tak cukup menyimpulkan jalan cerita kisah cinta segitiga DOel-Sarah-Zaenab hanya dalam satu film.

"Ini jadi bagian dari edukasi buat penonton. Menemukan akhir kisah untuk Si Doel nggak cukup hanya satu film saja.


(doc/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com