detikHot

movie

Misteri yang Terpecahkan di 'Avengers: Endgame'

Kamis, 16 Mei 2019 09:24 WIB Ollivia Pratiwi - detikHot
Foto: (imdb.) Foto: (imdb.)
Jakarta - 'Avengers: Endgame' sukses merangkum sebelas tahun perjalanan Marvel Cinematic Universe dengan dua puluh dua film. Proyek film ini merupakan hal besar, mengingat ada banyak pertanyaan yang jawabannya tak terungkap di setiap filmnya. Nah, berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang terjawab dalam 'Avengers: Endgame'.

Apakah Tony Stark benar-benar mati?

Sebenarnya, selalu ada ruang untuk beberapa trik kematian dalam komik. Melansir komiknya, Tony sendiri selamat dengan mengadopsi kesadarannya ke dalam hologram. Selain itu sekarang perjalanan waktu adalah hal yang mungkin terjadi dalam MCU. Meski begitu, kematian Tony Stark menjadi fakta yang tak terbantahkan. Akan tetapi ada rumor kencang yang menyebut Marvel telah menyiapkan penggantinya di masa datang.


Bagaimana cara kerja perjalanan waktu di MCU?

Perjalanan waktu tampaknya akan menjadi bagian penting dalam franchise ini. Walaupun sebenarnya 'Endgame' bukanlah film yang mendebutkan perjalanan waktu dalam MCU. 'Doctor Strange' pada tahun 2016 lalu memperkenalkan perjalanan waktu dengan cara dan aturan yang berbeda.

Sementara lewat Quantum Realm, ada perjalanan waktu dengan cara dan aturan yang baru. Perjalanan waktu Quantum Realm tidak dapat mengubah secara retroaktif masa kini si penjelajah waktu. Jadi pergi ke masa lalu untuk membunuh bayi Thanos tidak akan menghilangkan apa yang telah terjadi di masa depan. Hal tersebut justru menciptakan alternatif timeline baru.

Hal itu juga berarti orang-orang dari masa lalu dapat ke masa depan tanpa mengubah apapun yang telah terjadi di masa depan yang ia datangi.

Jadi, apakah Loki hidup kembali?

Sepertinya iya. Meskipun tidak jelas, mengingat aturan perjalanan waktu Quantum Realm di atas. Pada 'Endgame' Loki sendiri berhasil kabur dengan membawa Tesseract dan nampaknya menciptakan alternatif timeline. Perbedaan timeline adalah langkah pintar untuk serial TV Loki. Mereka dapat melakukan banyak hal tanpa harus khawatir akan menciptakan plothole dalam MCU.


Mengapa Cap tidak bisa mengangkat Mjolnir di 'Age of Ultron'?

Dalam 'Age of Ultron' para Avengers bertaruh untuk mengangkat Mjolnir, senjata milik Thor. Cap adalah satu-satunya orang yang nyaris berhasil. Dalam 'Endgame' penonton dibuat terkejut ketika Cap menggunakan Mjolnir untuk menyelamatkan Thor. Mungkin karena alasan itu Mjolnir menganggap Cap pantas? Namun, The Russo Brothers mengungkapkan bahwa dalam 'Age of Ultron' Cap sebenarnya bisa mengangkat Mjolnir, dia hanya tidak ingin mempermalukan Thor.

Mengapa Captain America menjadi tua? Bukankah dia abadi?

Captain America tidak abadi. Dia menua secara normal meskipun dengan serum Super Soldier. Alasan Cap tidak bertambah tua dari 'The First Avengers' hingga 'The Winter Soldier' adalah karena ia membeku dalam es yang berfungsi sebagai pelestarian kriogenik.

Apa yang terjadi selanjutnya dalam MCU?

Selanjutnya, tentu saja akan ada 'Spider Man: Far From Home' yang akan menampilkan Peter dengan gengnya melanjutkan hidup mereka setelah tragedi Thanos. Selain itu, sekuel 'Black Panther', 'Doctor Strange' dan 'Guardian of the Galaxy vol.3' siap berlayar. Tidak lupa yang akhirnya terjawab adalah; film solo 'Black Widow'.

'Doctor Strange' sendiri belum menjawab adegan post-credit dengan Baron Mordo dan The Guardians siap menggoda petualangan untuk bersatu kembali dengan Gamora.

Layanan streaming Disney+ juga akan memperluas MCU dengan serial Loki, Falcon x Winter Soldier dan Wanda, Vision.

Kematian Black Widow dan Vision mungkin akan membawa film dan serial TV prekuel.
(doc/doc)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed