detikHot

Blak-blakan

Garin Nugroho Sebut 'Kucumbu Tubuh Indahku' Tergerus Dominasi 'Avengers'

Rabu, 01 Mei 2019 15:41 WIB Niken Purnamasari - detikHot
Foto: Rengga Sancaya/detikcom Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' mendapat penolakan dari sejumlah pihak, termasuk boikot untuk ditayangkan. Film karya Garin Nugroho ini juga 'tergerus' dominasi film luar seperti Avengers: Endgame yang ditayangkan tak lama setelah 'Kucumbu Indah Tubuhku'.

Bagi Garin, penolakan terhadap film besutannya itu sebagai wujud masih kuatnya politik identitas di negeri ini. Padahal seharusnya masyarakat bisa lebih dewasa menyikapi sebuah karya seni dan pemikiran lewat film.

"Saya kena nasib melodrama dalam hidup saya. Film saya kena politik identitas dan korporasi Avengers. Jadi nggak punya kuota untuk (film) lokal. Kekuasaan global jadi besar," kata Garin dalam Blak-blakan bersama detikcom, Rabu (1/4/2019).

Dari puluhan bioskop, kini hanya tiga bioskop saja yang menayangkan film tentang penari Lengger itu. Selain tergerus Endgame, pengurangan jumlah penayangan juga akibat dari penolakan yang terjadi di sejumlah daerah.



Sejumlah pihak, kata Garin, menghakimi film tersebut tanpa menonton dan memaknai pesan yang ingin disampaikan. Sehingga film hanya dimaknai tentang isu sensitif saja.

"Multikultur di kita menjadi sebuah jargon saja, tapi dalam praktik hidup, ada jarak antara jargon dengan praktik hidup kita," tutur Garin.
(nkn/nkn)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Kucumbu Tubuh Indahku
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com