DetikHot

movie

Fakta-fakta Film 'Ave Maryam' yang Durasinya Disunat 12 Menit

Jumat, 12 Apr 2019 13:35 WIB  ·   ken - detikHOT
Fakta-fakta Film Ave Maryam yang Durasinya Disunat 12 Menit Fakta-fakta Film 'Ave Maryam' yang Durasinya Disunat 12 Menit/Foto: Istimewa
Jakarta -

Film 'Ave Maryam' sempat dikabarkan tak akan tayang di Indonesia. Setelah kegalauan itu, film yang dibintangi oleh Maudy Koesnaedi dan Chicco Jerikho itu akhirnya mejeng di bioskop Indonesia setelah durasinya disunat 12 menit.

Berikut fakta-fakta tentang film yang berkisah tentang seorang biarawati berusia matang bernama Maryam itu.

1. Mengambil Latar di Semarang

Setting film ini adalah tahun 1998 dengan latar kota Semarang dan Ambarawa. Bercerita tentang biarawati bernama Maryam yang mengabdikan diri untuk merawat para biarawati yang sudah pensiun.

Di salah satu rumah biarawati di daerah Ambarawa, Maryam bertemu dengan tujuh biarawati yang tidak terurus dengan baik. Dan di situlah hari-hari Maryam berlalu.

2. Maryam dari Keluarga Muslim

Cerita 'Ave Maryam' boleh jadi sensitif di Indonesia karena Maryam dikisahkan datang dari keluarga Muslim. Dia kemudian memilih menjadi biarawati.

Latar belakang Maryam ini kemudian dipangkas alias disensor. Pemangkasan ini menyebabkan latar belakang Maryam tidak diketahui dan membuat beberapa simbol di film terlihat tak berarti.

3. Telah Tayang di Sejumlah Festival Film Internasional

Sebelum tayang di bioskop Indonesia, 'Ave Maryam' telah tayang di beberapa festival film dunia seperti Hanoi International Film Festival dan Hong Kong Asian Film Festival.

Tak heran jika banyak orang sudah menantikan film karya Ertanto Robby ini tayang di bioskop Indonesia.

4. Durasi Dipangkas 12 Menit

Film 'Ave Maryam' diketahui memiliki durasi 85 menit. Namun setelah masuk ke bioskop Indonesia, durasi film Maudy Koesnaedi itu hanya tinggal 73 menit untuk 17 tahun ke atas.

Pemotongan durasi ini mungkin dengan berbagai pertimbangan apalagi saat ditayangkan di Plaza Indonesia Film Festival, film ini masuk klasifikasi untuk usia 21 tahun ke atas.

5. Joko Anwar Jadi Romo

Satu hal yang juga menarik perhatian dari film ini adalah adanya sosok Joko Anwar sebagai salah satu pemerannya. Sutradara film itu berperan sebagai Romo Martin.

Beberapa waktu lalu jubah Joko Anwar di salah satu adegan Film 'Ave Maryam' sempat kena protes netizen karena dianggap tidak sesuai dengan ketentuan di gereja.



Simak Juga 'Sempat Ragu, Akhirnya ''Ave Maryam'' Tayang di Bioskop Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

Fakta-fakta Film 'Ave Maryam' yang Durasinya Disunat 12 Menit





(ken/nwy)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed