Menyambut Oscar 2019, Simak Fakta-faktanya!

Ollivia Pratiwi - detikHot
Sabtu, 23 Feb 2019 15:37 WIB
Menyambut Oscar 2019, Simak Fakta-faktanya! Foto: (Getty Images)
Jakarta - Ajang penghargaan perfilman bergengsi Academy Awards akan digelar dalam hitungan hari. Para penggemar film dari seluruh dunia telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton film dan akhirnya, salah satu malam paling penting dunia perfilman akan segera tiba.

Academy Awards ke-91 akan berlangsung pada Minggu (24/2) di Dolby Theatre, Hollywood. Acara tersebut akan disiarkan langsung di ABC.

Sebelum menyaksikan malam pengumuman penghargaan, berikut ini adalah segala hal yang perlu diketahui tentang Academy Awards 2019.



Oscar Berlangsung Tanpa Tuan Rumah Tahun Ini

Tahun ini untuk pertama kalinya Academy Awards berlangsung tanpa tuan rumah. Hal tersebut disebabkan oleh cuitan homofobik Kevin Hart yang mencuat sehingga host tersebut memutuskan untuk mengundurkan diri.

Akademi pun memutuskan bahwa tahun ini Academy Awards akan dibawakan oleh beberapa presenter. Sederet nama telah dikonfirmasi termasuk Chadwick Bosema, Chri Evans, Jennifer Lopez, Samuel L.Jackson, Tessa Thomson, Brie Larson, Pharell Williams, Constance Wu, Mishelle Yeoh, dan masih banyak lagi.

Siapa Saja yang Tampil?

Jennifer Hudson dikonfirmasi akan menampilkan nominasi Best Original Song 'I'll Fight dari 'RGB'. Sementara Gillian dan David Rawlings akan menyanyikan 'When a Cowboy Trades His Spurs for Wings' dari 'The Ballad of Buster Scruggs'.

Bette Midler disiapkan sebagai bintang tamu spesial karena kinerjanya dalam menggarap soundtrack 'Mary Poppins Returns' yakni 'The Place Where Lost Things Go'. Academy Awards ke-91 ini juga akan menjadi panggung Bradley Cooper dan Lady Gaga. Keduanya akan terjun bersama untuk menyanyikan lagu 'Shallow' dari film 'A Star is Born'.

Satu-satunya nominasi yang belum mengkonfirmasi penampilan mereka adalah Kendrick Lamar dan SZA untuk lagu 'All the Star' dari film 'Black Panther'. Sementara itu, Queen dan Adam Lambert juga akan tampil untuk menghormati 'Bohemian Rhapsody' yang berhasil masuk nominasi Best Picture.



Siapa Saja yang Masuk Nominasi?

Sementara 'Black Panther' mencatat sejarah dengan genre superheronya, 'The Favourite', dan 'Roma' berhasil mendominasi dengan masuk sepuluh nominasi. Diikuti oleh 'A Star Is Born' dan 'Vice'. Total ada 24 nominasi tahun ini.

Kontroversi Pembacaan Nominasi Dijeda Iklan

Kurang dari dua minggu sebelum Academy Awards diselenggarakan, pihak Oscar mengkonfirmasi bahwa nominasi untuk Cinematography, Editing, Makeup dan Hairstyling akan diumumkan selama jeda iklan kemudian diedit untuk tayangan ulang. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi durasi menjadi tiga jam.

Akan tetapi hal ini menuai beragam penilaian. Lusinan aktor dan pembuat film termasuk Christopher Nolan, Martin Scorsese, Quentin Tarantino, Spike Lee, Brad Pitt, Kerry Washington, dan banyak lagi, menandatangani surat terbuka untuk Akademi agar mempertimbangkan kembali hal tersebut.

Beberapa hari kemudian, Akademi menarik keputusannya dan berjanji akan menyiarkan seluruh pengumuman penghargaan.


(doc/tia)