detikHot

movie

'Roma' dan Usaha Mematahkan Pernyataan Steven Spielberg

Jumat, 01 Feb 2019 16:20 WIB Devy Octafiani - detikHot
Foto: IMDB Foto: IMDB
Jakarta - Tak ada kemenangan yang pernah diperoleh film berbahasa asing di kategori sebesar Best Picture di ajang Oscar. Bila 'Roma' kali ini berhasil juara, maka ia menjadi fenomena baru di ajang penghargaan bergengsi ini.

Belum ada sejarah di Oscar yang seperti itu. Sebelumnya film karya Ang Lee lewat 'Crouching Tiger, Hidden Dragon' tercatat pula di nominasi Best Picture Oscar ke-73.

Akan tetapi, ia harus merelakan piala Best Picture dibawa pulang 'Gladiator' kala itu.


Selama ini tidak ada satu pun dari 10 film berbahasa asing yang dapat memenangkan penghargaan tertinggi di Oscar. Dikutip Hollywood Reporter, ada subjektif penilaian beberapa anggota Academy veteran merasa film Hollywood harus menang. Beberapa anggota juga tak menyukai menonton film seraya membaca teksnya.

Meski begitu, nominasi bagi 'Roma' terhitung tak sedikit. Drama semi-autobiografi sang sutradara Alfonso Cuaron ini membawa kisah tentang keluarga kelas menengah dan pembantunya di Meksiko tahun 1970-an.

'Roma' tercatat dalam 10 nominasi. Kemungkinan 'Roma' menuju kemenangan juga dipengaruhi dari di mana film ini berasal.

Tak semua menyukai Netflix, bahkan beberapa anggota Academy memiliki hemat layanan streaming itu mengaburkan batas antar layar lebar sebenar-benarnya dengan tayangan biasa.



"Begitu Anda berkomitmen pada format televisi, Anda adalah film TV," kata Steven Spielberg saat diwawancara Maret lalu. "Tentu - jika itu pertunjukan yang bagus - pantas mendapatkan Emmy, tapi bukan Oscar," imbuh Spielberg.

'Roma' bersaing dengan 'The Favourite' yang juga tercatat dalam jumlah nominasi yang sama di Oscar tahun ini. Kisah tentang Queen Anne yang memerintah Inggris di abad ke-18 itu juga berada di daftar nominasi Best Picture.


(doc/ken)


Photo Gallery
FOKUS BERITA: Nominasi Oscar 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com