detikHot

movie

Kandidat Film Terbaik Oscar Tahun Ini

Jumat, 11 Jan 2019 15:42 WIB Nugraha - detikHot
Foto: (Getty Images) Foto: (Getty Images)
Jakarta - Oscar tahun ini tentu masih menjadi harapan semua sineas. Tapi film apa yang menjadi kandidat peraih Best Pictures? Berikut beberapa film yang diperkirakan bakal meraihnya.

1. A Star Is Born

Kandidat Film Terbaik Oscar Tahun IniBradley Cooper dan Lady Gaga dalam 'Star is Born' Foto: imdb.



Drama musikal romantis Bradley Cooper dan Lady Gaga sudah lama disebut-sebut sebagai calon film bersinar di Oscar. Tak sedikit pujian yang terlontar untuk remake tersebut.

'A Star is Born' sudah masuk dalam kategori luar biasa di box office US$ 202,2 juta di dalam negeri, yang merupakan total tertinggi kedua belas tahun ini.

Film itu juga sudah menerima beberapa penghargaan, termasuk empat kemenangan di NBR, 10 teratas AFI, lima nominasi Golden Globe, dan sembilan di Critics Choice Award.

Film itu juga mendapatkan nominasi Best Picture dari Producers Guild, Best Director, Best Performance dari Screen Actors Guild. Ini adalah film yang disukai banyak orang, memiliki kekuatan bintang di belakangnya, dan bahkan sebuah soundtrack yang menarik.


2. BlacKkKlansman

Kandidat Film Terbaik Oscar Tahun IniAdam Driver dalam ' BlacKkKlansman' Foto: (imdb.)


Sutradara Spike Lee telah membuat gebrakan dengan film ini sejak pemutaran perdana di Cannes. Ia menerima banyak pujian atas pembuatan film yang cekatan, pertunjukan hebat dan komentar sosial yang mengharukan.

Ia mengangkat sebuah kisah nyata perwira polisi Afrika-Amerika, Ron Stallworth yang berhasil menysup ke tempat Ku Klux Klan. Melihat kondisi politik Amerika saat ini, sepotong cerita itu dipandang sangat relevan dengan apa yang terjadi di sana.

'BlacKkKlansman' juga masuk semua nominasi kunci di berbagai ajang, menjadikannya sebagai salah satu pesaing utama Oscar. Meski anehnya, tidak ada film Lee sebelumnya yang dinominasikan untuk Best Pictures, termasuk revolusioner 'Do the Right Thing'.

Setelah puluhan tahun memberikan film berkualitas dan berpengaruh, Lee sepertinya sudah harus mendapatkan pengakuan dari Academy Awards.


3. Roma

Kandidat Film Terbaik Oscar Tahun Ini'Roma' disutradarai Alfonso Cuaron. Foto: (imdb.)


Alfonso Cuarón bisa menjadi penngecualian untuk memecahkan barisan Best Picture dengan film berbahasa asing. 'Roma' merupakan film terbarunya setelah 'Gravity' yang membawanya berada di antara deretan elit.

'Roma' adalah karya periode 1970-an mengikuti keluarga kelas menengah di Mexico City selama tahun ini. Film itu mengesankan dengan sinematografi hitam-putih yang indah dan narasi yang membawa kita ke dalam pengalaman unik.

'Roma' terus muncul sesering 'A Star Is Born' dan 'BlacKklansman' di semua prekursor, termasuk NBR, AFI, Golden Globes. 'Roma' disebut-sebut sudah pasti menjadi pemenang untuk kategori Best Foreign Language Film.

Tapi sudah sejak lama film yang berhasil dalam kategori itu, kesulitan saat bertarung untuk Best Pictures. Hanya 10 film dalam sejarah yang dinominasikan dalam dua kategori itu, dan tak ada yang menang.

4. Vice

Kandidat Film Terbaik Oscar Tahun IniChristian Bale sebagai Dick Cheney dalam 'Vice'. Foto: (imdb.)



Film biografi Adam McKay, tentang sosok Dick Cheney tampaknya memenuhi potensi di atas kertas. Tapi 'Vice' absen dari beberapa penghargaan awal, seperti NBR dan AFI.

Namun, baru-baru ini menikmati lonjakan yang bagus dan tampaknya sesuai untuk Academy Awards. 'Vice' memperoleh enam nominasi Golden Globe, termasuk Best Picture - Comedy or Musical, Best Director, dan Best Actor.

Film itu juga merupakan favorit Critics 'Choice Awards, mencetak sembilan kategori dari organisasi itu. Christian Bale adalah ancaman untuk memenangkan best Actor berkat kinerja transformatifnya sebagai mantan Wakil Presiden.

Nominasi Oscar baru akan diumumkan pada 22 Januari 2019. Tentunya, lineup akan terus berkembang karena musim penghargaan baru saja dimulai.
(nu2/ken)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed