DetikHot

movie

Ditinggal Host, Oscar Kembali Diliputi Kontroversi

Minggu, 06 Jan 2019 14:00 WIB  ·   Devy Octaviany - detikHOT
Ditinggal Host, Oscar Kembali Diliputi Kontroversi Foto: Getty Images
Jakarta - Hampir tiap tahun ajang penghargaan Academy Awards atau Oscar kerap diliputi kontroversi. Salah satu yang tak terlupakan ketika dua tahun lalu ajang penghargaan film bergengsi ini disebut tak memberi ruang bagi bintang kulit hitam dalam daftar nominasi.

Kala itu komedian Chris Rock sang host atau pemandu acara juga menerima 'serangan' komentar karena bersedia membawakan acara tersebut di 2016.

Tahun ini, kontroversi menghampiri ajang ini lewat aktor sekaligus stand up comedian Kevin Hart. Baru-baru ini Hart memutuskan mundur membawakan acara ini pada akhirnya.



Masa lalu Hart yang pernah berkicau perihal topik bernada miring seputar LGBT itu menjadi duduk permasalahannya.

Dalam waktu 48 jam setelah namanya diumumkan, kicauan bertahun-tahun lalu itu kembali menjadi sorotan. Dan Kevin Hart pada akhirnya memutuskan tak melanjutkan memandu Oscar Februari mendatang.

Hal ini mengikuti protes atas Tweet anti-gay yang sebelumnya ada sekaligus berbagai komentar Hart akan LGBT yang dibuat selama aktivitasnya melakukan stand-up hampir 10 tahun lalu. Beberapa tweet dihapus dari akunnya, namun itu memperburuk keadaan Hart.

Oscar kini kehilangan host yang telah dipilih sebelumnya. Hart sendiri telah mengajukan permintaan maaf secara terbuka.

"Saya telah membuat pilihan untuk mundur dari hosting Oscar tahun ini," tulisnya. "Ini karena saya tidak ingin menjadi pengalih perhatian pada malam yang harus dirayakan oleh begitu banyak aktris dan seniman berbakat luar biasa. Saya dengan tulus meminta maaf kepada komunitas LGBTQ atas kata-kata tidak sensitif dari masa lalu. Saya menyesal telah melukai banyak orang. Saya kini telah berubah dan ingin terus melakukannya. Tujuan saya adalah untuk menyatukan orang-orang agar tidak memisahkan kita. Banyak cinta dan penghargaan kepada Academy. Saya harap kita bisa bertemu lagi," tulisnya di media sosial.



Belum ada keterangan dari Academy Awards perihal ini. Jelang gelaran Oscar yang kian dekat, pencarian pemandu acara yang tepat kini tengah dilakukan.

Memilih sosok pemandu acara untuk pengumuman penghargaan Februari mendatang dikabarkan menjadi hal yang cukup menjadi masalah bagi Academy Awards saat ini.


(doc/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed