detikHot

movie

'Marlina' Merasa Terhormat Walau Tak Tembus Oscar

Selasa, 18 Des 2018 16:42 WIB Devy Octaviany - detikHot
Marlina Merasa Terhormat Walau Tak Tembus Oscar Foto: Salah Satu Adegan Film Marlina the Murderer in Four Acts (Official Cinesurya) 'Marlina' Merasa Terhormat Walau Tak Tembus Oscar Foto: Salah Satu Adegan Film 'Marlina the Murderer in Four Acts' (Official Cinesurya)
Jakarta - Ajang Oscar akan digelar Februari 2019. Indonesia turut berpartisipasi mengirimkan film untuk bisa bersaing di ajang nominasi Best Foreign Language atau film berbahasa asing terbaik.

Akan tetapi, Indonesia belum dapat melanjutkan langkah ke tahap selanjutnya. Oscar telah merilis daftar film terbaru yang disaring setelah ada berbagai film asing yang bersaing masuk dalam nominasi Best Foreign Language film.

Ada sembilan film namun tak ada 'Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak' di antara ke sembilan film tersebut.

Meski tak lolos di tahap seleksi Oscar berikutnya, film ini berbesar hati menerima hasil yang telah diumumkan Oscar. Mouly Surya sang sutradara mengungkapkan merasa terhormat bisa ikut di seleksi masuk nominasi Oscar.



"Academy Awards telah mengumumkan 9 film yang masuk shortlist best foreign language. Daftar film yang sangat layak, kami merasa terhormat pernah sama-sama menjadi submisi resmi. Alhamdulillah, kami mendapat banyak banyak sekali ilmu baru dari perjalanan kampanye Oscar yang kami lalui," tulis akun resmi Cinesurya yang menjadi perwakilan film 'Marlina' seperti dilihat detikHOT, Selasa (18/12).

Sebelumnya ada 87 film asing yang ikut ambil bagian dalam tahap seleksi awal untuk kategori Best Foreign Language Film. 'Marlina' menjadi salah satunya yang menjadi perwakilan Indonesia.

'Marlina' bukan film pertama yang dikirim untuk bisa ambil bagian di ajang penghargaan bergengsi tersebut. Di tahun sebelumnya, 'Surat dari Praha' garapan Angga Dwimas Sasongko menjadi film Indonesia yang dikirim ke ajang Oscar.



'Marlina' menjadi film yang bersinar di kancah internasional. Film ini tayang perdana di Cannes Festival 2017 lalu.

Film ini juga mencuri perhatian di festival film Kanada dan mendapat jalan tayang di bioskop di kawasan Kanada dan Amerika.



(doc/ken)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com