detikHot

movie

Fakta-Fakta 'Alita: Battle Angel'

Kamis, 13 Des 2018 10:00 WIB Ollivia Pratiwi - detikHot
Foto: (imdb.)
Jakarta -

Setelah 'Avatar' dan 'Titanic', James Cameron dikenal dengan film-film epiknya. Projek terbaru bertajuk 'Alita: Battle Angel' pun sukses menuai rasa penasaran penikmat film.

Film tersebut menceritakan sosok cyborg bernama Alita. Intinya (otak) ditemukan Dr.Ido di tempat barang rongsokkan. Dr.Ido pun membawanya untuk diperbaiki. Sutradara Robert Rodriguez menggambarkan karakter Alita sebagai sosok yang kuat seperti Sarah Connor dalam saga 'Terminator'.

"Ia adalah karakter dengan hati yang besar dan menemukan sosok ksatria dalam dirinya. Ia seorang pejuang yang tak terhentikan, namun berhasil menemukan hati dalam dirinya," jelas Rodriguez saat San Diego Comic-Con.

Nah, dirilis 14 Februari 2019, berikut fakta-fakta tentang 'Alita: Battle Ange' yang mungkin belum kamu ketahui.



Adaptasi dari Manga

Karakter Alita diciptakan mangaka Yukito Kishiro pada 1990. Serial manga tersebut bertajuk 'Battle Angel Alita' atau 'Gunnm', serial komik tersebut mendapat dua episode adaptasi OVA pada tahun 1993.

Bermitra dengan Jon Landau, James Cameron pergi ke Jepang untuk mendapatkan hak atas kisah dan karakter ciptaan Kishiro. Landau mengungkapkan Kishiro terus-menerus memberi pembaruan dalam projek tersebut dan bahkan mengunjungi lokasi syuting.

Perjalanan Panjang James Cameron

Cameron mulai menggarap 'Alita' selama lima belas tahun terakhir ini. Namun, menunda projek tersebut untuk menggarap 'Avatar' pada 2009. Ia mengungkapkan 'Avatar' merupakan percobaan teknologi yang akan dikembangkan untuk membawa karakter Alita ke layar lebar.

Bekerja sama dengan sutradara Robert Rodriguez, Cameron menyingkat 180 lebih halaman skenario aslinya, ditambah 600 halaman berisi catatan selama lima belas tahun, ke dalam naskah. Produksi 'Alita: Battle Angel' dimulai pada 2017.

Fakta-Fakta 'Alita: Battle Angel'Foto: (imdb.)



Penguasaan Teknologi

Kemajuan teknologi dalam 'Avatar' adalah cikal bakal yang merealisasikan projek 'Alita'. Karakter Alita adalah teknologi CG yang dihasilkan dari motion-capture seperti Neytiri dalam 'Avatar' atau Caesar dalam 'Planet of the Apes'.

Pemeran Alita, Rose Salazar mengungkapkan, proses syuting sebagai Alita merupakan tantangan baru.

"Seperti sebuah proses pada umumnya. Kalian akan beradaptasi. Pada awalnya, semuanya nampak asing; kostum, baterai dan kabel-kabel yang menyambung dalam tubuhmu, juga helm dengan mike membuat adegan ciuman menjadi menantang," ungkap Salazar.

Mata Alita

Ada banyak diskusi di dunia maya mengenai mata anime Alita yang besar. Hal tersebut mengindikasikan Cameron akan desain asli karya Kishiro.

"Kami telah melihat manga dan anime, tetapi belum pernah melihatnya secara fotorealistis," jelas Rodriguez.



Didominasi Pedang

Cameron menyebut saga 'Terminator' sebagai film tentang senjata, namun menyebut film 'Alita' sebagai film pedang.

Tubuh cybernetic Alita merupakan senjatanya, ia super kuat dan gesit. Ia tidak memerlukan banyak senjata, namun musuh-musuh yang mengincar Alita memiliki pedang sebagai bagian dari anggota tubuhnya. Seperti lengan dengan sabit atau jari-jari sebagai kait yang bisa menjulur.


(doc/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com