detikHot

movie

Film Berdasarkan Novel Jaminan Capai 1 Juta Penonton?

Selasa, 27 Nov 2018 11:31 WIB Devy Octafiani - detikHot
Foto: Adegan di film Susah Sinyal Foto: Adegan di film Susah Sinyal
Jakarta - Film Indonesia kian mendapatkan tempat di hati pencinta film Tanah Air saat ini. Tak sedikit film-film lokal yang menuai pencapaian membanggakan dengan disaksikan hingga bahkan lebih dari 1 juta penonton.

Angka tersebut kini bak menjadi standar bagi kesuksesan sebuah film Tanah Air. Lantas, adakah formula khusus yang pasti bakal menjamin sebuah film lokal dapat mencapai jumlah penonton sebanyak itu?

Lewat sebuah diskusi kecil, Pandji Pragiwaksono ngobrol dengan Ernest Prakasa perihal perolehan jumlah penonton yang kini menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah film. Apa kata mereka?

"Mengapa sulit sekali memperkirakan film ini jumlah penontonnya ada di kisaran berapa. Aktor ternama nggak jadi jaminan, produser ternama nggak jadi jaminan, penulis naskah sutradara juga nggak jadi jaminan," ungkap Pandji Pragiwaksono kepada Ernest di akun YouTube miliknya seperti dilihat detikHOT, Selasa (27/11/2018).

Baca juga: Proyek Film Ernest Selanjutnya tentang Body Shaming

Ernest sendiri mengiyakan hal tersebut. Akan tetapi, ada satu hal yang bisa menjadi harapan sebuah film dapat meraup banyak penonton. Apa itu?

"Sebetulnya ada satu yang lumayan yang bisa jadi jaminan yaitu IP (intellectual property - kekayaan intelektual)," tutur Ernest,

Maka tak sedikit film-film yang ceritanya diadaptasi dari novel ataupun buku. Meski tetap saja, film yang berdasarkan IP itu harus menyesuaikan dengan tren yang sedang digandrungi.

"IP yang lagi happening nggak akan flop sih. Contohnya Juki, juki itu kan komik, itu film animasi loh. Skeptislah film animasi bisa berapa, tapi ternyata tiba-tiba bisa 600 ribu (penontonnya). Contoh lainnya 'Dear Nathan 2', ketika Jefri Nichol dan Amanda Rawles main film beberapa film sebelumnya mencapai 200 ribu/300 ribu penonton terus skarang masuk 'Dear Nathan' 800 ribu. Dia ada base IP-nya, itu bisa dibilang masih yang jadi harapanlah," tutur Ernest lagi.

Bagaimana menurutmu? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!
(doc/nu2)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com