detikHot

movie

Frustrasi Stan Lee di Balik Kekayaan dan Ketenaran dari Marvel

Rabu, 14 Nov 2018 10:06 WIB Devy Octafiani - detikHot
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Stan Lee dikenal sebagai legenda komik sekaligus pencipta karakter superhero ikonik seperti Spider-Man hingga Hulk dan Fantastic Four. Dengan lisensi karakter yang ia miliki, nyatanya Lee tak benar-benar kaya.

Banyak yang tidak diketahui tentang pundi-pundi uang yang ia miliki. Meski kekayaan bersih Stan Lee diperkirakan mencapai $ 50 juta hingga $ 80 juta.

Tentu jumlah tersebut bukan angka yang sedikit. Ia mengalami pasang-surut dari keputusan bisnis yang ia lakukan.

Berikut rangkuman perjalanan karier Stan Lee yang membawanya berada di antara kesuksesan sekaligus permasalahan uang.


Stan Lee memulai bekerja dari buku komik dengan bayaran $8 per minggu

Stan Lee, lahir pada tahun 1922 sebagai Stanley Lieber. Ia memulai kariernya sejak remaja dengan bayaran $8 per minggu bertugas sebagai pesuruh.

Penerbitan Timely tempatnya bekerja merilis Marvel Comics, dan Stan Lee menerima kredit pertamanya di komik yakni pada seri Captain America tahun 1941. Lee menciptakan Fantastic Four yang sangat sukses pada tahun 1961 dengan seniman Jack Kirby.

Spider-Man, Incredible Hulk, X-Men, dan Iron Man menjadi karya selanjutnya dari keduanya di periode tahun 1962 dan 1963.

Penyesalan Stan Lee Atas Disney membeli Marvel

Komik membuat Stan Lee kaya dan terkenal. Akan tetapi ada keputusan bisnis yang dinilainya bodoh ia lakukan melihat Marvel berkembang sekaligus populer dan membawa banyak keuntungan.

"Seharusnya aku bisa lebih serakah. Saya bodoh dalam hal bisnis," tuturnya dalam sebuah wawancara dengan The Hollywood Reporter di 2016.

Marvel telah dibeli dan dijual beberapa kali selama bertahun-tahun, dan pada akhirnya Disney membayar $ 4 miliar untuk mendapatkan merek dan katalog karakternya pada tahun 2009. Tetapi Stan Lee tidak pernah menjadi pemilik Marvel.

Lee mengatakan menyesal telah menandatangani kontrak dengan Marvel pada tahun 1998 yang konon akan membayarnya untuk berbagi keuntungan dari film dan acara TV berdasarkan karakter yang dia buat. Pada tahun 2002, ia akhirnya menuntut Marvel, mengklaim bahwa dia tidak diberi bagian yang tepat, dan beberapa tahun kemudian dia mendapat 10% dari keuntungan dari film seperti 'Spider-Man'. Dia juga dilaporkan menerima $ 1 juta dalam kompensasi tahunan.


Stan Lee terbelit tuntutan hukum


Beberapa tahun terakhir, Stan Lee berhadapan dengan sejumlah masalah hukum. Selain tuntutan yang ia layangkan kepada Marvel, Stan Lee juga menggugat POW! Entertainment awal tahun ini.

Dalam tuntuntannya, Lee mengatakan dia ditipu untuk keluar dari hak eksklusif untuk menggunakan identitasnya. Entah tuntutan tersebut tak ia lanjutkan.

Stan Lee juga telah terlibat dalam pertempuran hukum dengan putrinya, J.C. Ia menyebut adanya penganiayaan yang ia alami.

"Stan Lee memiliki sejarah panjang di mana ia dikelilingi oleh orang-orang yang ingin memanfaatkannya," kata Bob Batchelor, penulis biografi Stan Lee tahun lalu, dalam wawancara kepada Los Angeles Times musim panas lalu.

"Jika Stan Lee memiliki sensor layaknya Spider-Man, dunia akan lebih baik dan nasibnya akan lebih baik," tukas Batchelor.



Stan Lee dan properti yang ia miliki


Stan Lee membuat beberapa pergerakan di pasar real estate Los Angeles selama bertahun-tahun. Ia membeli rumah seluas 2.500 kaki persegi di Hollywood Hills pada 2006 seharga $ 3,6 juta, dan menjualnya pada 2014 seharga $ 3,75 juta. Stan Lee menempatkan rumah lain di lingkungan yang sama untuk dijual pada tahun 2015 dengan harga yang diminta sebesar $ 5 juta.

Rupanya Stan Lee menjual rumah-rumah itu karena dia membeli satu lagi di Hollywood Hills West. Yakni sebuah kediaman seluas 5.000 kaki persegi yang ia tebus seharga $ 4,4 juta di tahun 2015. Kolom Architectural Digest menampilkan rumah dengan empat kamar tidur dan tujuh kamar mandi itu awal tahun ini..


Satu tanda tangan Stan Lee dijual $100

Stan Lee menjadi salah satu tokoh populer dan digandrungi. Selama bertahun-tahun, penggemar komik bersedia membayar lebih dan lebih untuk bertemu dan mendapatkan selfie atau tanda tangan dari Stan Lee.

Harga per satu tanda tangan Stan Lee adalah $ 50 pada tahun 2010, dan dua kali lipat menjadi $ 100 pada tahun 2016, dan baru-baru mencapai $ 130.
(doc/wes)


Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed