DetikHot

movie

Ini Makna Excelsior, Slogan Andalan yang Jadi Motto Hidup Stan Lee

Selasa, 13 Nov 2018 16:34 WIB  ·   Niken Purnamasari - detikHOT
Ini Makna Excelsior, Slogan Andalan yang Jadi Motto Hidup Stan Lee Foto: Istimewa
Jakarta - Komikus legendaris Stan Lee punya kata andalan yang jadi slogannya, Excelsior. Begini arti dari kata yang sudah menjadi ciri khas legenda Marvel itu.

Dilansir Quartz, Selasa (13/11/2018), Excelsior menjadi slogan yang telah diucapkan Stan Lee sejak pertengahan tahun 1960-an. Saat itu, Lee menulis kolom bulanan untuk penerbit komik. Dia pasti akan membubuhi tandatangan dengan kata 'Excelsior'.



"Dahulu saya memiliki banyak kata-kata untuk berekspresi untuk mengakhiri kolom komik saya, misalnya saja 'Hang loose, Face Front dan Nuff Said'. Tapi kata-kata itu mungkin saja bisa digunakan oleh kompetitor atau ditiru mereka. Jadi saya terpikir untuk menuliskan kata yang menggambarkan ekspresi tapi tidak akan diketahui oleh mereka apa artinya," kata Lee dalam sebuah wawancara.

"Mereka juga tidak akan tahu cara mengejanya. Dan dari situlah asal mula kata Excelsior. Syukurlah mereka tidak pernah melakukan untuk menirunya," lanjut Lee.



Lee juga pernah menjelaskan makna dari Excelsior melalui Tweet pada 2010 lalu. Kata pencipta karakter Spider-Man hingga Hulk itu, Excelsior berarti menuju kemuliaan yang lebih besar.

"Akhirnya, apa arti dari 'Excelsior'? Terus membumbung ke atas dan seterusnya menuju kemuliaan yang lebih besar. Itulah yang saya harapkan dari Anda setelah setiap kali selesai nge-tweet," cuit Stan Lee di Twitter.



Kata 'Excelsior' lah yang menjadi cuitan terakhir Lee di Twitter pada hari ini, tepat di hari dia mengembuskan napas terakhir. Tertulis '1922-2018 Excelsior' dalam nuansa hitam putih di postingan terakhir Lee.

Pemeran Captain America, Chris Evans juga mengambil kata Excelsior saat mengungkapkan duka cita atas kepergian Lee.

"Tidak akan pernah ada Stan Lee yang lain. Selama lebih dari satu dekade dia menyajikan kepada generasi muda dan tua dengan pengalaman, kepercayaan diri, kekuatan, inspirasi dan persahabatan. Dia juga banyak meninggalkan kebaikan dan cinta. Excelsior!" cuit Chris Evans.


Tonton Juga: 'Stan Lee Masih Akan Jadi Cameo di Avengers 4'

[Gambas:Video 20detik]


(nkn/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed