DetikHot

movie

5 Film Adaptasi Komik Marvel Berbujet Rendah, 'Venom' Salah Satunya

Selasa, 09 Okt 2018 12:40 WIB  ·   Nugraha - detikHOT
5 Film Adaptasi Komik Marvel Berbujet Rendah, Venom Salah Satunya Foto: Jennifer Lawrence sebagai Mystique (imdb)
Jakarta -

Venom adalah karakter dalam komik Marvel yang filmnya digarap oleh Sony Pictures. Film tersebut merupakan bagian dari Spider-Man yang kini sudah jadi bagian dari Marvel Cinematic Universe. Kesepakatan terjadi setelah terobosan Sony dan Marvel.

Meski Spider-Man lepas, Sony kabarnya masih mempertahankan hak atas ratusan karakter film komik Marvel, termasuk Venom. Sony juga dirumorkan tengah membangun alam sinema sendiri.

Mereka tengah menggarap secara serius karakter Morbius, Silver Sable hingga Black Cat. Venom adalah awal untuk memulai mimpi itu.

'Venom' merupakan film yang dibuat Sony Pictures secara serius, meski banyak yang menganggap investasi bujet yang dikeluarkan masih tidak terlalu besar. Bahkan, dibanding film Marvel sekelas 'Ant-Man and The Wasp', 'Venom' masih kalah jauh dari sisi anggaran produksi yang hanya menghabiskan US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun.


Sementara 'Ant-Man dan The Wasp' menghabiskan anggaran US$ 195 juta, meski film tersebut memang berbeda karena berada di MCU dan digarap oleh Disney.

'Venom' bisa jadi masuk dalam film yang diangkat dari karakter komik Marvel berbujet rendah, seperti lima film di bawah ini:

1. X-Men

Film garapan Bryan Singer ini diadaptasi dari karakter Marvel Comics yang mengumpulkan pasukan mutan di bawah bimbingan Charles Xavier atau Professor X. Film tersebut dirilis oleh 20th Century Fox dan dibintangi oleh sederet nama beken.

Patrick Stewart, Hugh Jackman, Ian McKellen, Anna Paquin, Famke Janssen, Bruce Davison, James Marsden dan Halle Berry, merupakan bintang-bintang besar di sana. Cerita yang diangkat dalam film tersebut adalah konflik kelompok X-Men dengan Magneto yang ingin memimpin dunia.

Film tersebut digarap dengan budget US$ 75 juta di tahun 2000. Memperlihatkan visual yang sangat canggih dan mahal, meski masuk dalam film Marvel berbujet rendah di masa kini. Total penghasilan dari film tersebut sebesar US$ 296 juta di seluruh dunia.

2. Blade: Trinity

Film ini bercerita tentang sosok Blade, sang vampir berkacamata hitam dengan keahlian pedang. Blade yang diperankan Wesley Snipes bertarung dengan sekumpulan vampir.

Blade berburu setiap malam dan seperti tak pernah ada habisnya. Film yang dirilis pada 2004 tersebut menghabiskan anggaran US$ 65 juta.

Budget yang dikeluarkan itu begitu kecil dibanding dengan hasil yang diraih. Sebab, film tersebut berhasil meraih penghasilan US$ 128.9 juta.

3. Ghost Rider

Ghost Rider adalah film superhero yang rilis pada 2007. Karakter film ini diambil berdasarkan adaptasi komik Marvel yang diperankan oleh Nicholas Cage. Film yang disutradarai oleh Mark Steven Johnson ini punya karakter ikonik dari sosok Johnny Blaze.

Selain Nicholas Cage ada juga Eva Mendez hingga Wes Bentley yang tampil dalam film ini. Ghost Rider mengisahkan pemain akrobat dengan sepeda motor yang menjadi iblis karena perjanjian dengan setan.

Film tersebut menghabiskan bujet US$ 120 juta Penghasilan yang didapatkan lebih dari US$ 228 juta.

Kesuksesan film ini membuat sekuelnya dibuat dengan judul Ghost Rider: Spirit of Vengeance yang rilis pada tanggal 17 Februari 2012.

4. Elektra

Elektra Natchios dilahirkan dalam lingkungan keluarga kaya. Sewaktu kecil, dia telah kehilangan ibunya. Jennifer Garner membintangi film ini, tampil misterius dan seksi.

Elektra juga begitu ikonik sebagai lambang superhero perempuan. Film yang disutradarai oleh Rob Bowman itu menghabiskan dana sebesar US$ 43 juta.

Namun di banding film superhero lain, Elektra sepertinya kurang begitu sukses karena hanya mendapatkan raihan US$ 56 juta.

5. The Punisher

Ini merupakan film yang diproduksi dengan biaya termurah dalam film adaptasi Marvel. The Punisher hanya menghabiskan anggaran US$ 33 juta.

The Punisher mengisahkan tentang sosok Frank Castle yang punya dua peran. Ia adalah seorang agen FBI dan juga kepala keluarga.

Frank Castle diperankan oleh Thomas Jane. Pada tahun 2004, film itu memang terbilang kurang sukses dengan bujet rendah, pendapatan dari The Punisher juga hanya sebesar US$ 54.7 juta.






Tonton juga 'Meski Cukup Banyak Dikritik, 'Venom' Puncaki Box Office':


[Gambas:Video 20detik]
(nu2/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed