Mitos Nagini di 'Fantastic Beasts 2' Berasal dari Indonesia

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 27 Sep 2018 10:56 WIB
Claudia Kim as Nagini. Foto: imdb.
Jakarta -

Karakter Nagini dalam 'Fantastic Beasts 2' menjadi perbincangan seiring trailer akhir sekuel spin-off Harry Potter itu dirilis baru-baru ini. Ia nyatanya bukan hanya binatang seperti yang diketahui lewat film-film Harry Potter selama ini.

Nagini adalah maledictus yakni seseorang yang darahnya dikutuk sejak lahir dan akhirnya akan berubah menjadi binatang. Sang penulis sekaligus kreator J.K Rowling menyebut, ia terinspirasi dari salah satu mitos Indonesia kala dirinya menciptakan karakter ini dalam kisah Harry Potter.

"Naga adalah makhluk mitologis mirip ular mitologi Indonesia, itulah asal mula 'Nagini'. Mereka kadang-kadang digambarkan bersayap, kadang-kadang setengah manusia, setengah ular," ungkap J.K Rowling menanggapi pertanyaan fans yang penasaran akhirnya hewan kesayangan Voldemort ini muncul dengan kisah tersendiri.


Penulis terkaya di dunia ini pun menambahkan tanggapannya terkait isu rasial karena terpilihnya bintang Asia Claudia Kim yang akhirnya memerankan Nagini. Terpilihnya Kim dinilai Rowling mewakili karakter Naga dalam budaya Indonesia yang memiliki campuran pengaruh dari budaya-budaya lainnya.

"Indonesia terdiri dari beberapa ratus kelompok etnis, termasuk Jawa, Cina ,dan Betawi," tutur J.K Rowling lagi.



Setelah diumumkannya karakter Nagini diperankan oleh Claudia Kim, 'Fantastic Beasts 2' juga diterpa komentar yang menyebut film ini tak sensitif secara rasial oleh penggemar.

Namun, belum ada pernyataan resmi dari film ini terkait komentar miring tersebut.




Tonton juga 'Si Cantik Claudia Kim, Sosok Nagini di Film 'Fantastic Beasts 2':

[Gambas:Video 20detik]

(doc/tia)