detikHot

movie

Nonton Film Horor Kurangi Stres hingga Baik untuk Asmara

Rabu, 29 Agu 2018 21:01 WIB Janaka Narendra - detikHot
Foto: dok ist Foto: dok ist
Jakarta - Benci tapi rindu sepertinya pantas menggambarkan perasaan kita terhadap film horor. Walau menakutkan, namun genre film ini salah satu yang paling laris.

Bagi Anda yang suka menolak nonton film horor, mungkin sebaiknya mulai berubah pikiran. Ternyata menonton film seram tidak hanya asyik tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan lho! Seperti yang dijabarkan dalam fakta-fakta unik berikut ini:

1. Menonton film horor mampu mengurangi stres

Sosiolog Margee Kerr menyebut film horor dapat mengurangi stres karena berbagai neurotransmitter dan hormon berbeda yang dilepaskan tubuh saat kita menyaksikannya. Akan tetapi hal ini hanya berlaku bagi Anda yang memang menyukai film horor. Jika tidak suka, malah akan semakin stres.

2. Film seram juga disebut ampuh meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian imliah dari Universitas Conventry, Inggris membuktikan bahwa menonton film seram akan meningkatkan sirkulasi sel darah putih. Sel ini adalah salah satu bagian terpenting dalam menjaga kekebalan tubuh dan melindunginya dari penyakit atau infeksi.

3. Menonton film horor disebut dapat meningkatkan aktivitas otak

Selain mengurangi stres, neurotransmiter yang dilepaskan saat menonton film horor juga meningkatkan aktivitas otak dan membuat pikiran kita semakin tajam. Tak jarang kita juga semakin kreatif dalam memutar otak untuk selamat dari situasi yang digambarkan dalam film tersebut.

4. Film seram juga membantu Anda untuk mengatasi gangguan kecemasan

Menurut terapis psikologi John Kuziel, saat menyaksikan film seram adrenalin, glukosa dan kortisol dalam tubuh meningkat. Hal ini menyebabkan orang dengan gangguan kecemasan bisa merasa lebih aman, apalagi jika dibandingkan dengan keresahan di kehidupan nyata.

5. Film horor dapat merangsang dan memicu DNA manusia

Manusia biasa memang tidak disiapkan untuk menghadapi skenario mengerikan seperti dalam film-film horor. Namun dengan menyaksikannya kita jadi tertempa untuk melawan rasa takut dan menyiapkan diri menghadapi ancaman jika kelak ada. Selain itu, menurut para ahli pada dasarnya DNA manusia memang tertarik dengan hal-hal yang menegangkan.

6. Film seram punya pengaruh positif untuk hubungan asmara

Saat menonton film seram, otak melepaskan hormon seperti serotonin dan dopamine yang memicu rasa senang, mirip ketika sedang jatuh cinta. Jadi daripada nonton film romantis saat kencan dengan pasangan, lebih baik nonton film horor saja. Apalagi Anda dan pasangan bisa merasa semakin dekat karena saling merasa membutuhkan untuk 'selamat' dari seramnya skenario horor tersebut.

7. Yang paling keren, menonton film horor terbukti mampu membakar 184 kalori

Penelitian dari Universitas Westminster membuktikan bahwa menyaksikan film horor selama 90 menit dapat membakar 113 sampai 184 kalori. Ini setara dengan berjalan kaki selama 30 menit. Jadi, masih anti nonton film horor?


(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed