DetikHot

movie

Bintang 'Star Wars' Buka Suara Karena Jadi Korban Diskriminasi

Kamis, 23 Ags 2018 12:28 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Bintang Star Wars Buka Suara Karena Jadi Korban Diskriminasi Foto: (Photo by Dia Dipasupil/Getty Images)
Jakarta -

Bintang 'Star Wars: The Last Jedi', Kelly Marie Tran buka suara soal diskriminasi yang ia alami. Tran baru-baru ini memutuskan untuk menutup akun instagramnya karena hal itu.

Aktris berdarah Vietnam ini menuliskan esai soal diskriminasi yang ia alami sejak lama. Ia menyebut diskriminasi itu semakin ia rasakan usai dirinya terlibat dalam produksi 'Star Wars: The Last Jedi'.

Bintang 'Star Wars' Buka Suara Karena Jadi Korban DiskriminasiFoto: CNET



Ia menyebut beberapa fans ada yang tak menyukai penampilannya dan menyampaikan sebutan bernada rasisme kepada Tran.

"Rasanya membuatku seperti berada di saat aku masih berusia 9 tahun. Saya berhenti berbicara bahasa Vietnam sama sekali karena saya lelah mendengar anak-anak lain mengejek saya. Atau pada saat usia saya 17, ketika saat makan malam dengan pacar kulit putih saya dan keluarganya, saya memesan makanan dalam bahasa Inggris yang sempurna, untuk mengejutkan pelayan, mereka berseru aku seperti siswi pertukaran pelajar di situ," kisah Tran.


"Selama berbulan-bulan ucapan-ucapan tak enak saya terima. Itu seperti mencabik-cabik hati saya, saya sampai berpikir segala hal yang buruk seperti seandainya saya memanjangkan rambut saya, atau seandainya saya bukan berasal dari Asia," imbuh Tran lagi.

Di luar kesuksesan 'The Last Jedi', Tran menerima bully yang ia terima dari netizen di dunia maya. Perannya sebagai Rose Tico cukup sentral dalam film garapan Rian Johnson itu.

"Anda mungkin mengenal saya sebagai Kelly," ujarnya. "Saya wanita warna pertama yang memiliki peran utama dalam film 'Star Wars'. Saya adalah wanita Asia pertama yang muncul di sampul Vanity Fair. Nama asli saya adalah Loan. Dan saya baru saja mulai," ucap Tran sebelum akhirnya ia menutup instagramnya belum lama ini.


(doc/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed