detikHot

movie

Begini Jadinya Kalau Sudah Ada Smartphone dalam Film Klasik

Jumat, 03 Agu 2018 16:53 WIB Janaka Narendra - detikHot
Foto: Dok. Ist Foto: Dok. Ist
Jakarta - Zaman sekarang smartphone bagaikan kebutuhan utama bagi masyarakat modern. Bahkan ada orang-orang yang hidupnya tergantung kepada telepon pintar.

Smartphone memang salah satu kemajuan teknologi yang paling membantu umat manusia. Namun, bayangkan jika gadget ini sudah menguasai kehidupan kita sejak dahulu kala. Mungkin film-film klasik berikut tak akan tercipta dan jadi legenda.

1. Kalau sudah ada smartphone dalam Fight Club, tak butuh waktu lama bagi tokoh utama untuk menyadari bahwa Tyler Durden tidak nyata
Begini Jadinya Kalau Sudah Ada Smartphone dalam Film KlasikFoto: Dok. Ist

Fight Club bercerita soal seorang penderita depresi (Edward Norton) yang tinggal bersama sahabatnya Tyler Durden (Brad Pitt). Berdua mereka membentuk Fight Club sebagai sarana terapi lewat kekerasan.

Namun, jika pada kala itu sang pria sudah pakai smartphone, pastilah ia pernah selfie dengan sahabatnya. Dari hasil selfie yang hanya sendirian bakal ketahuan kalau selama ini Tyler hanyalah bagian dari imajinasinya saja.

2. Arnold Schwarzenegger gak perlu repot-repot menghabiskan sepanjang film berusaha mencari kado natal untuk putranya
Begini Jadinya Kalau Sudah Ada Smartphone dalam Film KlasikFoto: Dok. Ist

Dalam Jingle All The Way, Howard Langston (Arnold Schwarzenegger) ingin menghibur putranya yang sedang ngambek dengan menjanjikan hadiah robot Turboman.
Sayangnya selain banyak toko sudah tutup menjelang natal, robot yang diinginkan sudah habis terjual. Akhirnya ia melakukan segala cara demi memenuhi janjinya ini.
Jika saja pada masa itu Howard sudah memakai smartphone, pasti ia hanya tinggal mencari di e-commerce langganan saja. Dan robot hadiah yang dicari bakal diantar kurir dalam hitungan jam.

3. Jika sudah ada smartphone dalam film Psycho, dijamin tak akan ada korban yang menginap di Bates Motel
Begini Jadinya Kalau Sudah Ada Smartphone dalam Film KlasikFoto: Dok. Ist

Psycho adalah salah satu film thriller legendaris karya Alfred Hitchcock. Film ini bercerita soal pembunuh psikopat yang menggunakan motel milik keluarganya untuk menjebak korban.

Namun, jika pada saat itu sudah ada smartphone, tentu para calon korban bisa dengan mudah mengecek reputasi Bates Motel di TripAdvisor atau aplikasi semacamnya. Dengan review seperti fasilitas yang buruk, penampilan suram, dan pemilik yang tampak mencurigakan pasti tak ada yang sudi menginap di sana.

4. Jack Nicholson tak punya alasan untuk "bosan" dan menyerang keluarganya di The Shinning kalau sudah punya smartphone
Begini Jadinya Kalau Sudah Ada Smartphone dalam Film KlasikFoto: Dok. Ist

Satu lagi film horor thriller ikonik dari tahun 80-an. The Shining bercerita tentang Jack Torrance (Jack Nicholson), seorang penulis yang mengajak anak istrinya untuk menginap di sebuah hotel kosong untuk menyelesaikan bukunya.

Seiring berjalannya waktu fenomena mistis di hotel tersebut membuat perangainya berubah. Didukung rasa frutrasi karena bukunya tak kunjung kelar, Jack pun mengamuk dan berusaha membantai keluarganya.

Namun jika saja Jack sudah punya smartphone, ketika bosan dan merasa buntu ia tidak akan berubah jadi sadis, melainkan bisa menyalurkan kebosanannya dengan bermain game seperti Candy Crush! Ada-ada saja.

5. Dengan bantuan smartphone, tak ada yang perlu mati sia-sia setelah menonton video The Ring
Begini Jadinya Kalau Sudah Ada Smartphone dalam Film KlasikFoto: Dok. Ist

Generasi 90-an pasti tak asing dengan film horor The Ring. Dikisahkan ada sebuah kaset terkutuk dan siapapun yang menonton akan mati dalam waktu tujuh hari.

Kalau saja ber-setting di masa kini, paling-paling para remaja penasaran itu bisa mengecek review kaset terkutuk tersebut di IMDb dan Rotten Tomatoes. Ketika tahu isinya jelek atau mematikan, mereka pun terhindar dari teror Sadako. Antiklimaks ya?

6. Apabila sudah ada telepon pintar dalam film Cast Away, mungkin hasilnya tak sedramatis sekarang
Begini Jadinya Kalau Sudah Ada Smartphone dalam Film KlasikFoto: Dok. Ist

Film yang mengantarkan Tom Hanks menjadi pemenang Oscar ini juga bakal jadi jenaka jika sudah ada telepon pintar. Tapi bukan karena ia bisa cepat ditemukan lewat tracking GPS. Melainkan karena Chuck Noland (Tom Hanks) tidak akan mengalami kebosanan hingga harus berteman dengan bola voli. Dia tinggal streaming serial favoritnya saja. Kocak bukan?

7. Jika Frodo Baggins sudah melek gadget, mungkin film The Lord of the Rings tidak perlu dibuat trilogi
Begini Jadinya Kalau Sudah Ada Smartphone dalam Film KlasikFoto: Dok. Ist

Frodo (Elijah Wood) tak perlu bantuan Gollum, atau mempertaruhkan nyawa teman-temannya demi bisa mencapai gunung Mordor. Dengan bantuan Google Maps atau Waze, ia bisa mencari rute terbaik untuk sampai di sana dengan cepat! Waduh, batal jadi trilogi seru deh.

Ada-ada saja jadinya kalau sudah ada smartphone dalam film-film lawas ini. Ada yang seru tapi banyak juga yang akhirnya antiklimaks.


(nu2/nu2)

Photo Gallery

screenshoot-movie

.
.

screenshoot-movie

.
.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com