'The Dark Knight' Tak Terlupakan, Ini Rahasia yang Tersimpan

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 19 Jul 2018 11:09 WIB
Foto: (instgram Christophernolann)
Jakarta - 'The Dark Knight' menjadi salah satu film yang menjadi perbincangan serta sorotan sejak dirilis satu dekade lalu. 2018 ini, bagian kedua dari trilogi Batman karya Christopher Nolan itu mencapai usia 10 tahun sejak dirilis.

Film ini tercatat menjadi film superhero pertama yang memperoleh pendapatan hingga $1 miliar dari penayangannya di seluruh dunia. Di balik cemerlangnya kisah rekaan Bruce Wayne, ada deretan fakta lain yang belum terungkap dalam proses produksinya. Berikut di antaranya.

'The Dark Knight' Tak Terlupakan, Ini Rahasia yang TersimpanFoto: Heath Ledger di 'The Dark Knight' (Paul Kane/Getty)



Heath Ledger menjadi sosok Joker yang berbeda dari Joker yang pernah ada sebelumnya. Ia tak meniru Joker lain termasuk Joker yang diperankan Jack Nicholson dalam 'Batman'. Ledger terinspirasi karakter Joker yang ia perankan dari rocker Sid Vicious bassist Sex Pistols dan Malcolm McDowell karakter dalam film 'A Clockwork Orange' garapan Stanley Kubrick.

'The Dark Knight' Tak Terlupakan, Ini Rahasia yang TersimpanFoto: (ist)



The Dark Knight' minim menggunakan efek dan green screen. Salah satunya adegan ketika Batman berdiri di atap Menara Sears Chicago adalah nyata. Christian Bale juga enggan memakai pemeran pengganti untuk adegan tersebut.

'The Dark Knight' Tak Terlupakan, Ini Rahasia yang TersimpanFoto: Batman



- Adegan ikonik ketika Batman mengendarai Batpod menjadi salah satu adegan tersulit. Kendaraan roda dua seberat 300 kg itu sulit diseimbangkan. Dari sekian pengambilan gambar, Nolan hanya berhasil memakai satu adegan yang dilakukan oleh seorang stuntman.

'The Dark Knight' Tak Terlupakan, Ini Rahasia yang TersimpanFoto: (instgram Christophernolann)



- Christian Bale tak benar-benar mengubah suaranya saat menjadi Batman. Hingga sang sutradara, Christopher Nolan mengambil keputusan untuk mengubah suara Bale menjadi serak untuk sang pahlawan kelelawar milik Gotham.

'The Dark Knight' Tak Terlupakan, Ini Rahasia yang TersimpanFoto: (instgram Christophernolann)



- Heath Ledger menerima Oscar sebagai aktor pendukung terbaik di momen satu tahun dirinya tiada. Kemenangan ini menjadi simbol kemenangan pertama bagi film-film berbasis cerita komik berhasil memenangkan Oscar.

'The Dark Knight' Tak Terlupakan, Ini Rahasia yang TersimpanFoto: The Dark Knight (imdb)



- Seri James Bond 'Skyfall' diakui sang sutradara, Sam Mendes terinspirasi dari 'The Dark Knight'. Film ini dinilainya mewakili banyak hal yang terjadi dunia nyata seperti terorisme termasuk mispersepsi.

"Film ini menggambarkan tentang dunia kita pasca kejadian 9/11, dan bermain di dalam rasa ketakutan kita dan kekhawatiran yang kita rasakan.Saya pikir itu sangat berani dan menarik," katanya dalam sebuah wawancara.

(doc/doc)