DetikHot

Did You Know?

Film Anak yang Pantas Disebut Horor

Senin, 16 Jul 2018 14:46 WIB  ·   Janaka Narendra - detikHOT
Film Anak yang Pantas Disebut Horor Foto: Dok. Ist
Jakarta - Film anak-anak identik dengan cerita yang ringan, manis dan menghibur. Anak-anak memang belum disarankan untuk menonton film bergenre horor atau tema gelap semacamnya.

Tapi apa jadinya jika ada film anak-anak yang memuat adegan atau topik bertema menakutkan. Begitu seramnya sampai-sampai sang penonton merasa dihantui bahkan hingga dewasa? Tujuh film berikut dipercaya jadi film anak-anak yang juga pantas disebut film horor karena berhasil membuat para penonton ciliknya trauma.

1. The Wizard of Oz
Film Anak yang Pantas Disebut HororFoto: Dok. Ist

Jadi salah satu film paling legendaris sepanjang sejarah, The Wizard of Oz juga dianggap salah satu film anak-anak paling mengerikan yang pernah ada. Berkisah tentang Dorothy yang terbawa tornado hingga terdampar di Munchkinlands, film ini sarat teror dari penyihir jahat dan berbagai makhluk seram lainnya. Ada juga urban legend tentang kutukan yang terjadi sepanjang pembuatan film klasik ini.

2. Watership Down
Film Anak yang Pantas Disebut HororFoto: Dok. Ist

Di permukaan, film animasi asal Inggris ini seolah hanya bercerita tentang petualangan sekelompok kelinci lucu. Namun kenyataannya Watership Down penuh dengan intrik, adegan sadis, dan darah. Tentu hal ini dapat menghantui pikiran para penonton cilik yang menyaksikannya.

3. Matilda
Film Anak yang Pantas Disebut HororFoto: Dok. Ist

Matilda adalah seorang anak cerdas yang punya kekuatan telekinetik. Namun keluarganya memperlakukannya dengan buruk. Selain itu kepala sekolahnya juga seseorang yang sangat sadis. Film ini memang bagus, tapi banyak adegan yang membuat penonton cilik bisa trauma saat dewasa.

4. Coraline
Film Anak yang Pantas Disebut HororFoto: Dok. Ist

Coraline menemukan sebuah pintu menuju dimensi lain di mana kehidupan terasa lebih indah. Ada dunia paralel yang mirip dengan dunia nyata, yang berbeda semua mata makhluk hidup di sini terbuat dari kancing. Semuanya berubah ketika ia sadar sang ibu versi dimensi lain ini ingin menyekapnya di sana selamanya. Coraline pun harus berjuang untuk kabur dan bertahan hidup. Walau berformat animasi stop motion, namun kengerian yang ditawarkan film ini tak kalah dengan film horor biasa.

5. James and the Giant Peach
Film Anak yang Pantas Disebut HororFoto: Dok. Ist

Masih berupa film animasi stop motion, James and The Giant Peach juga dikenang mampu meninggalkan mimpi buruk bagi para penonton cilik. Film ini menceritakan tentang James, anak yatim piatu yang diasuh dengan buruk oleh kedua bibinya. Ia pun memutuskan untuk kabur dengan sebutir buah persik raksasa dan teman-teman serangga berbicara yang baik hati. Selain desain karakter yang cukup mengerikan, cerita pilu kehidupan James cenderung gelap dan depresif.

6. Jumanji
Film Anak yang Pantas Disebut HororFoto: Dok. Ist

Sebuah permainan misterius akan mengutuk dan mengikat para pemainnya sampai game itu selesai. Masalahnya permainan tersebut menuntut para pemain untuk mempertaruhkan nyawa mereka. Bahkan sampai membuat mereka hilang ke dimensi lain. Jumanji yang dibintangi Robin Williams ini masih sering ditayangkan di televisi nasional. Walau menarik, namun para penonton muda mungkin akan teringat selalu akan teror yang dialami Alan, Judy, dan Peter.

7. Willy Wonka & The Chocolate Factory

[Gambas:Youtube]


Film ikonik yang ramai dibuat meme ini menarik tetapi juga menimbulkan rasa merinding bagi penontonnya. Di beberapa adegan, Gene Wilder pemeran Willy Wonka melakukan improvisasi yang terlihat mengerikan dan di luar kontrol. Contohnya ketika mereka memasuki terowongan cokelat dan Willy Wonka mulai menyanyikan nada aneh seraya menjerit. Tidak dijelaskan pula nasib anak-anak yang hilang selama tur di dalam pabrik cokelat misterius tersebut sehingga muncul teori mereka semua tewas secara tak wajar.



(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed