DetikHot

movie

Ini Dinosaurus Pertama di Dunia Film

Jumat, 22 Jun 2018 12:34 WIB  ·   Nugraha - detikHOT
Ini Dinosaurus Pertama di Dunia Film Foto: First National Pictures Inc./Photofest
Jakarta - 'Jurassic World: Fallen Kingdom' memiliki efek paling bagus ketimbang film-film dinosaurus lainnya. Bagaimana para sineas pertama kali membuat seekor dinosaurus?

Cerita tentang The Lost World ternyata memiliki garis keturunan yang kaya. Ceritanya membentang mulai dari pembuatan film bisu pada 1925 hingga 'Kong' yang digarap tahun 1933.

Berdasarkan novel karya Arthur Conan Doyle, film berjudul 'World' tersebut merupakan film pertama yang menggunakan efek animasi stop-motion. Film tersebut dibuat oleh Willis O'Brien yang kemudian bekerja untuk 'Kong'.
Ini Dinosaurus Pertama di Dunia FilmFoto: imdb.

Menurut Hollywood Reporter, ia mampu menggabungkan dinosaurus mini terbuat dari karet dengan rekaman live-action manusia dengan menggunakan layar terpisah. O'Brien hanya mampu menciptakan rekaman lima detik dalam satu hari kerja.

Namun efeknya begitu besar, karena saat itu teknologi tersebut menjadi sangat revolusioner. Doyle pun menunjukkan hasil film tersebut kepada Society of American Magicians pada tahun 1922. Surat kabar The New York Times bahkan ketika itu menulis bahwa Doyle membawa membawa lelucon.

Selain menggunakan teknik produksi yang sama, 'World' dan 'Kong' memiliki alur cerita yang sama. Jika di film pertamanya, seekor brontosaurus yang dibawa oleh petualang dari Amazon ke Inggris akhirnya lepas. Makhluk tersebut pun jatuh dari Tower Bridge, lalu berenang menyusuri Sungai Thames.

Sementara di 'Kong', para petualang kembali ke New York dari Skull Island dengan kera raksasa itu akhirnya terlepas hingga akhirnya terjun dari Empire State Building.
Ini Dinosaurus Pertama di Dunia FilmFoto: imdb.



(nu2/nu2)

Photo Gallery
1 1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed