DetikHot

movie

Skenario Film 'Bumi Manusia' Tengah Dibuat

Jumat, 25 Mei 2018 10:25 WIB  ·   Monica Arum - detikHOT
Skenario Film Bumi Manusia Tengah Dibuat Foto: (Monica Arum)
Jakarta -

Novel 'Bumi Manusia' sedang dalam proses penggodokan naskah skenario. Novel karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer ini banyak menarik pembaca hingga manca negara. Menariknya, novel tersebut tengah diramu menjadi sebuah karya film.

Film 'Bumi Manusia' masih dalam persiapan naskah hingga set lokasi syuting. Hanung Bramantyo selaku sutradaranya, menggandeng Salman Aristo dalam penyusunan naskah skenario film tersebut.

Kisah Minke seorang pribumi yang jatuh hati dengan nona keturunan Belanda bernama Annelies ini penuh akan lika-liku. Selain kisah asmara, novel yang penuh pesan moral ini menggiring pembaca pada zaman penjajahan kolonial Belanda. Melalui latar belakang Kebangkitan Nasional pada tahun 1890 hingga 1918-an.



Sosok Minke merupakan lokomotif cerita yang melanglang buana memperkenalkan pembaca kepada beberapa tokoh lain, serta kejadian penting lainnya. Aris sang penulis skenario film tersebut mengaku akan menonjolkan sosok Minke. "Ini cerita dimulai dari dia, karena Minke kita tahu soal Nyai Ontosoroh, karena Minke lah kita jadi tahu Annelies, karena Minke lah kita jadi tahu kisah ada sanikem. Lokomotifnya adalah dia, dan Pram melakukan teknik itu," kata Salman Aristo menjelaskan.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Aris ini telah terlibat dalam penulisan skenario film lain di antaranya 'Jakarta Maghrib', 'Garuda di Dadaku', hingga 'Sang Penari'.

Membuat film dari adaptasi novel mahakarya sartrawan besar merupakan hal berat. Maka, Aris serta Hanung tengah merundingkan cerita 'Bumi Manusia' dengan tidak melupakan pencipta sastranya. Mereka akan tetap pada benang merah tokoh utamanya.



"Minke adalah penutur, nah itu yang kami coba pertahankan di skenario sampai saat ini karena memang dialah yang paling menggerakkan cerita," tegas Aris menyimpulkan benang merah film garapan Falcon Pictures tersebut.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui seperti apa proses pembuatan film 'Bumi Manusia' di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(doc/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed