ADVERTISEMENT

Film Maestro Keroncong Waldjinah Bakal Diproduksi

Bayu Ardi Isnanto - detikHot
Senin, 02 Apr 2018 20:09 WIB
Waldjinah Foto: Ilustrasi: Kiagoos Auliansyah
Solo - Perjuangan maestro Waldjinah dalam dunia musik keroncong bakal diabadikan dalam film. Kisah hidup si 'Walang Kekek' dinilai penting dibagikan kepada masyarakat.

Penggagas film, Ning Hening Yulia, sebelumnya telah menulis buku biografi berjudul 'Waldjinah Sang Maestro'. Film akan disadur dari buku tersebut.

Ning mengatakan film akan lebih banyak berisi perjuangan Waldjinah dalam mempertahankan dan mengembangkan musik keroncong. Selain itu, akan banyak sisi lain Waldjinah yang ditonjolkan dalam film.

"Seperti sisi humanis dari sang maestro, misalnya kisah saat bersama kucing peliharaan dan kerbau miliknya," kata Ning usai bertemu Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo di Balai Kota Surakarta, Senin (2/4/2018).


Dalam pembuatan film, Ning akan menggandeng sutradara Rako Prijanto. Namun dia masih mencari produser untuk film itu.

Menurutnya, konsistensi Waldjinah patut ditiru anak-anak muda. Di tengah derasnya musik campursari dan dangdut yang menguasai pasar saat itu, Waldjinah memilih bertahan dengan musik keroncong.

"Pesan film ini adalah konsistensi ibu Waldjinah bertahan dalam gerusan musik-musik campursari dan dangdut yang lebih menjanjikan," tuturnya.

Sementara, Waldjinah mengaku belum mengetahui konsep film yang menceritakan dirinya. Namun dia sangat mengapresiasi langkah Ning dan kawan-kawan dalam membuat film.

"Keroncong ini tidak boleh mati. Anak-anak kita tidak boleh lupa dengan keroncong, karena keroncong ini asli Indonesia," kata musisi berusia 72 tahun itu.

FX Hadi Rudyatmo mengaku mendukung dengan diproduksinya film Waldjinah. Hal tersebut sejalan dengan keinginannya mempertahankan keroncong di era modern.

"Sangat mendukung. Apalagi pemkot kan memang ingin melestarikan keroncong, terutama di Solo," tutupnya. (dar/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT