detikHot

movie

Penjahat Terbesar MCU, dari Killmonger hingga Thanos

Rabu, 28 Mar 2018 17:16 WIB Nugraha - detikHot
Avengers: Infinity War (Foto: Marvel Studios)
Jakarta - Setiap superhero butuh musuh yang hebat. Salah satu alasan Batman begitu populer adalah hadirnya sosok Joker.

Kita semua tahu pahlawan akan menyelamatkan dunia, tapi perjalanan bagaimana mereka sampai di sana adalah yang membuat para penggemar membaca atau menonton cerita yang sama berkali-kali.

Kesuksesan besar Marvel Cinematic Universe dalam satu dekade ini adalah sosok penjahat yang punya penggambaran konsisten. Tak sedikit fans mengeluh ketika muncul beberapa penjahat yang benar-benar bukan jadi ancaman nyata bagi pahlawan mereka.

Selama 10 tahun dari 19 film, MCU telah memamerkan daftar aktor yang sangat berbakat sebagai villain. Berikut sosok-sosok penjahat yang paling kuat di dunia Marvel sejauh ini:

1. Erik Killmonger
Michael B. Jordan sebagai Erik KillmongerMichael B. Jordan sebagai Erik Killmonger Foto: dok Marvel Studio

Salah satu dari banyak alasan Black Panther telah menjadi fenomena adalah Michael B. Jordan yang memerankan sosok Erik Killmonger. Ia memperlihatkan semua keterampilan seperti psikopat yang baik sehingga kita tak bisa berpaling.

Killmonger adalah sepupu T'Challa, yang ditinggalkan setelah ayahnya dibunuh. Ia tumbuh jadi seorang lelaki penuh amarah. Ia menggunakan dendam untuk menjadi prajurit dan pembunuh yang sangat terlatih.

Ia menantang T'Challa untuk duel, demi menjadi raja di Wakanda. Killmonger pun menang lalu berhak mendapatkan kekuatan dari Black Panther. Begitu ia menjadi raja, ia berencana menggunakan kekuatan besar Wakanda untuk mengambil alih dunia dan menghancurkan sistem yang membuat orang kulit hitam berada di golongan rendah.

Meski metode yang dibawanya benar-benar gila, Killmonger punya motivasi dan cita-cita besar. Jika bukan penjahat, ia benar-benar akan menjadi Black Panther. Penjahat terbaik adalah cerminan jahat dari sang pahlawan dan itulah mengapa Killmonger tepat.

2. Ronan The Accuser
Ronan the AccuserRonan the Accuser Foto: dok Marvel Studio

Ketika diperkenalkan ke alam semesta kosmik Guardians of the Galaxy, hal pertama yang dipelajari adalah betapa berbahayanya Ronan. Dia sangat marah melihat keadaan kerajaan Kree dan ingin membalas dendam pada Xandar.

Ia membuat kesepakatan dengan Thanos untuk mendapatkan Orb, sehingga Mad Titan akan menghancurkan musuh-musuhnya. Dengan pasukan Sakaaran dan Nebula di bawah komandonya, Ronan tidak perlu kekuatan Orb untuk menjadi lebih efisien dalam membunuh.

Begitu mendapatkannya, Ronan menjadi hampir tak terhentikan. Dia mengalahkan Drax tanpa keringat, kemudian ia sendirian mengambil seluruh angkatan udara Nova Corps. Jika bukan karena kekuatan Star-Lord, ia akan lolos dengan menghancurkan Xandar.

3. Ultron
UltronUltron Foto: dok Marvel Studio

Kecerdasan buatan tidak pernah menghasilkan sesuatu yang baik. Di Era Ultron, Tony Stark memutuskan menggunakan teknologi alien yang belum diuji untuk menciptakan Ultron. Jelas, itu ide yang buruk karena Ultron dengan cepat mengubah pemrogramannya menjadi pembunuh manusia di Bumi.

Ultron memiliki semua kekuatan setelan Iron Man, serta semua pengetahuan dan akses yang didapatnya dari internet.

Ia juga mengambil alih Iron Legion, hingga akhirnya ia memiliki pasukan robot untuk melawan The Avengers. Pada akhirnya, dibutuhkan Vision untuk mengalahkannya.

4. Loki
Tom Hiddlestone sebagai LokiTom Hiddlestone sebagai Loki Foto: dok Marvel Studio

Cukup bingung mengklasifikasikan sosok Loki sebagai villain. Tapi sepertinya memang layak Loki disebut sebagai penjahat. Penampilan perdananya ketika tampil bersama Thor.

Popularitas Tom Hiddlestone memang patut diacungi jempol dalam memerankan Loki. Ia muncul sebagai sosok menjengkelkan sebagai adik laki-laki yang terperangkap dalam bayang-bayang sang kakak, Thor.

Di The Avengers, ia muncul dengan impian untuk mengambil alih dunia. Ia mencuri Tesseract, membuka pintu dan membiarkan Chiaturi ke bumi. Terakhir dalam 'Avengers: Infinity War', Loki juga membuka pintu untuk Thanos.

Loki seperti menebus dirinya di 'Thor: Ragnarok', tapi tetap saja ia adalah penipu besar. Kita tak akan pernah yakin yang diperbuat Loki untuk kebaikan atau memang menjerumuskan!

5. Ego
EgoEgo Foto: dok Marvel Studio

Peter Quill, Star-Lord terus terusik dengan pikiran masa lalunya. Selama hidup, ia selalu mencari sosok sang ayah yang sebenarnya.

Peter adalah setengah manusia, setengah dewa. Sedari kecil, ia dirawat oleh Yondu yang dipercaya untuk mengantarkan Peter kepada sosok sang ayah yaitu Ego.

Namun Yondu tak pernah menyerahkan anak itu kepada Ego karena tahu niat buruk Ego yang ingin memakai kekuatan Peter untuk menguasai galaxy. Semua tertuang di 'Guardians of the Galaxy Vol 2', hingga akhirnya Peter bisa mengalahkan ayahnya sendiri, menghancurkan planet dan kekuatan yang selama ini dibangunnya.

6. Thanos
ThanosThanos Foto: dok Marvel Studio

Momok terbesar bagi superhero MCU akhirnya muncul di 'Avengers: Infinity War'. Thanos datang mencari Infinity Stones, lalu berniat menghancurkan separuh isi dunia.

Selama satu dekade para superhero muncul, akhirnya mereka berkumpul demi mengalahkan Mad Titan. Sumber kekuatan Thanos ada pada Infinity Gauntlet yang berhasil dikumpulkannya.

Dan tentu saja, MCU tak bakal membuat villain yang biasa-biasa saja untuk melawan kurang lebih 30 superhero dalam film puncak Marvel tersebut.


(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com