DetikHot

movie

Usmar Ismail Bawa Film Indonesia ke Kancah Internasional

Selasa, 20 Mar 2018 14:56 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Usmar Ismail Bawa Film Indonesia ke Kancah Internasional Foto: Usmar Ismail (ist.)
Jakarta - Usmar Ismail nyatanya tak hanya membuat film untuk disaksikan penonton Tanah Air. Semasa hidupnya, Bapak Perfilman Indonesia ini juga membawa film yang ia buat mendunia.

Di luar aktivitasnya sebagai seorang aktor, Abimana Aryasatya menjadi orang yang sejak lama gemar menyaksikan sekaligus mencari tahu tentang film-film Usmar Ismail.

Selain mengenal film 'Darah dan Doa' sebagai salah satu film Usmar yang melegenda, ada film lain yang juga dibawanya ke festival film dunia.

"Cuma judulnya gue lupa, kalau nggak salah soal perjuangan," ungkap Abimana saat dihubungi via pesan singkat, Selasa (20/3/2018).

"Intinya dia adalah pembuka jalan untuk film Indonesia di mata dunia," imbuhnya lagi.

'Darah dan Doa' menjadi film perdana produksi Indonesia pasca momen kemerdekaan. Selanjutnya, langkah Usmar Ismail mengharumkan dunia perfilman Tanah Air terus berlanjut.

Hingga kini tak sedikit jumlah film Indonesia yang unjuk gigi di berbagai festival film dunia.

Ada 30 film yang dibuat Usmar Ismail sepanjang hidupnya di dunia perfilman. Kini nama Usmar Ismail diabadikan di sebuah gedung perfilman yang berdiri di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Hari ini pula, Google memberikan tempat bagi Usmar Ismail di ilustrasi Google Doodle. Menampilkan sosoknya tengah memegang kamera dalam nuansa warna hitam putih.
(doc/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed