detikHot

movie

'Kenapa Harus Bule?' Angkat Fenomena Perempuan Lokal Mengejar Bule

Kamis, 15 Mar 2018 22:12 WIB Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Foto: Kenapa Harus Bule? Foto: Kenapa Harus Bule?
Jakarta - Film 'Kenapa Harus Bule?' rupanya memiliki isu yang lumayan menarik yang telah lama muncul di masyarakat Indonesia. Yakni fenomena perempuan Indonesia yang kerap berharap dinikahi bule pun jadi benang merah film arahan yang juga ditulis sekaligus disutradarai oleh Andri Cung tersebut.

"Kita melihat orang tanpa mengenal dan cenderung menghakimi orang berdasarkan bentuk. Ada salah satu teman yang menginspirasi cerita ini. Cerita dia bisa dihubungkan dengan apa yang saya pikirkan. Layernya dapat banyak. Fenomena yang udah lama banget di seluruh dunia, perempuan pengejar bule dan belum pernah diangkat ke film. Narsumnya ada dan menginspirasi dan langsung connect ke saya. Ini proyek film yang saya akan bikin," Andri Cung saat konferensi pers KHB di XXI, Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2018).

Nia Dinata menganggap perempuan adalah hal yang menarik, terutama saat diangkat isu tersebut di Hari Film Nasional. Hal itu pun yang ia angkat pula dengan sang penulis dan sutradara Andri Cung.

"Di hari film nasional kalau ngeluarin film yang karakter perempuan dan unik itu jadi tambahan untuk mengingatkan pejuang perempuan terdahulu dan International Womans Days dan menambah perspektif perempuan dari periflman Indonesia. Director Of Photography adalah perempuan. Buat aku itu keputusan bijaksana karena Andri cowok tapi sudut pandang kamera perempuan. Kearifan lokal punya Cut Nyak Dien kita tahu mereka perempuan di zamannya seperti Pipin sekarang," tambahnya Nia Dinata.

Menurut Nia, laki-laki lokal pun esensinya sama dengan pria bule, bahkan laki-laki lokal pun menurutnya lembut seperti karakter Buyung di film ini.

"Laki-laki Indonesia itu sebenarnya adalah sangat lembut dan gentlemen seperti Buyung. Itu nilai budaya lokal laki Indonesia yang udah dilupakan. Padahal laki Indonesia menghormati dan menghargai perempuan. Kita harus mengangkat nilai lokal bahwa Buyung mewakili Laki-laki Indonesia yang sangat gentlemen," ungkap Nia.

Diketahui film yang bergenre drama komedi satir tersebut akan tayang 22 Maret 2018 di bioskop dan VIU Indonesia pada hari ini. 'Kenapa Harus Bule?' sendiri berkisah tentang Putri Ayudya (Pipin) yang terobsesi terhadap bule di Bali. Namun perjalan cintanya kepada bule tak berjalan mulus.



(fbr/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com