detikHot

Academy Awards ke-90

Fakta 'The Shape of Water', Film Terbaik Oscar 2018

Selasa, 06 Mar 2018 11:54 WIB Nugraha - detikHot
Foto: The Shape of Water (imdb) Foto: The Shape of Water (imdb)
Jakarta - 'The Shape of Water' menjadi film terbaik tahun ini. Film tersebut memperoleh empat Oscar termasuk Best Director untuk Guillermo del Toro.

Alexander Desplat juga berhasil meraih Best Score dan satu lagi ada Best Art Direction. Ada beberapa hal yang menarik dari 'The Shape of Water'.

Salah satunya, film itu merupakan pemenang Best Picture pertama yang dirilis pada Desember sejak 'Million Dollar Baby' pada 2005. Hal itu cukup memiliki efek besar karena Academy Awards memulai penilaian untuk sebuah film di awal-awal tahun.

Fox bisa dibilang punya jagoan lain Oscar 2018 saat bekerja sama dengan Steven Spielberg dalam 'The Post'. Film tersebut dirilis di menit-menit terakhir penilaian.

'The Shape of Water' masih menimbulkan pertanyaan karena genrenya. Beda dengan kasus 'Lord of the Rings: The Return of the King' yang memang merupakan film fantasi.

Lantas apakah 'The Shape of Water' termasuk film fantasi atau sci-fi? Ini adalah film fiksi ilmiah pertama dengan sedikit horor dan drama erotis.
Fakta 'The Shape of Water', Film Terbaik Oscar 2018aFoto: REUTERS/Lucas Jackson

Oscar memang tak pernah menghindari genre yang konvensional, seperti 'The Departed', atau horor romantis 'Rebecca' dan juga blustery action 'Braveheart'. Tapi sejauh ini memang tak ada film fiksi ilmiah yang murni menjadi yang terbaik.

Ini juga merupakan Best Picture terlaris di Amerika Utara dalam lima tahun terakhir dengan jumlah total 57 juta USD. Padahal film tersebut hanya menghabiskan anggaran sebesar 20 juta USD.

Film itu masih komersil seperti 'Argo' yang memperoleh 132 juta USD di pasar domestik. Dalam perhitungan box office seluruh dunia, film itu juga masih terbesar sejak '12 Years A Slave'.
Fakta 'The Shape of Water', Film Terbaik Oscar 2018aFoto: dok Fox Searchlight

Fox Searchlight menggarap film tersebut dengan apik. Mereka sepertinya telah menggantikan berbagai studio milik Harvey Weinstein sebagai distributor film Oscar. Keberhasilan itu sepertinya harus dipertimbangan Walt Disney, jika akuisisi mereka terhadap Fox menjadi kenyataan.

Fakta terakhir adalah, ini merupakan film Best Picture dengan bintang wanita sejak 'Million Dollar Baby'. Di sisi lain memang menyedihkan karena Oscar tak banyak memperhitungkan film-film lain dengan bintang wanita.

Terakhir Hillary Swank meraih Oscar keduanya sebagai Best Actress dalam film 'Million Dollar Baby'. Itu adalah pemenang Best Picture terakhir yang secara khusus filmnya menceritakan tentang wanita.
Fakta 'The Shape of Water', Film Terbaik Oscar 2018aFoto: dok Fox Searchlight

Film tentang wanita dianggap kurang serius atau layak mendapat pujian. Namun Oscar berubah sejak 2010, meski hampir tak pernah ada pertimbangan untuk film seperti itu meraih piala terbesar. Kabar baiknya adalah tiga dari empat kandidat, 'Three Billboards Outside Ebbing, Missouri', 'Lady Bird' dan 'The Shape of Water' mendapat pujian di Oscar 2018, dimana film tersebut menceritakan tentang seorang wanita.



(nu2/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed