Academy Awards ke-90

'Dunkirk' Jadi Best Film Editing Oscar 2018

Nugraha - detikHot
Senin, 05 Mar 2018 10:10 WIB
Foto: Jamie McCarthy/Getty Images
Jakarta - 'Dunkirk' dengan mantap memenangkan Oscar untuk kategori Film Editing. Ini piala ketiga untuk film yang disutradarai oleh Christopher Nolan tersebut.

Film tersebut memang begitu menarik perhatian setelah dirilis. Menceritakan tentang penyelamatan kapal sipil terhadap tentara di pantai Dunkirk, Nolan memberi sebuah perasaan baru terhadap trik menggunakan kamera.

Secara visual, Nolan ingin 'Dunkirk' tak hanya menjadi film dengan rangkaian adegan yang nyaman dipandang mata. Nolan ingin mereka yang menyaksikan 'Dunkirk' dapat merasakan ketegangan sekaligus bagian dalam cerita film tersebut.

Ia sengaja menggunakan kamera IMAX untuk memperoleh visual yang ia inginkan. 'Dunkirk' berhasil mengalahkan 'Baby Driver', 'Dunkirk', 'I, Tonya', 'The Shape of Water' dan 'Three Billboards Outside Ebbing, Missouri'.

Sebelumnya, 'Dunkirk' sudah mengantongi dua piala untuk Sound Editing dan Sound Mixing. Untuk tata suara, mereka memang bekerja begitu keras, sampai-sampai, untuk mendapatkan suasana perang, Nolan mengambil latar suara dari perang nyata.

Ajang Academy Awards 2018 berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu, 4 Maret 2018 waktu setempat atau Senin, 5 Maret 2018 pagi waktu Jakarta.


(nu2/nu2)