Academy Awards ke-90

Ada Patung Harvey Weinstein Dekat Panggung Oscar

Nugraha - detikHot
Jumat, 02 Mar 2018 17:07 WIB
Foto: REUTERS/Lucy Nicholson
Jakarta - Oscar 2018 punya banyak hal yang harus digarisbawahi, selain pesan politik, rasisme ada juga Harvey Weinstein. Produser besar Hollywood itu disebut predator seks.

Weinstein memang diyakini tak bakal hadir dalam ajang besar itu. Tudingan pelecehan seksual yang datang dari banyak artis membuat kariernya menghujam. Disebut lebih dari 70 perempuan menjadi korbannya, termasuk tuduhan pemerkosaan.
Ada Patung Harvey Weinstein Dekat Panggung OscarFoto: REUTERS/Lucy Nicholson

Seorang seniman jalanan, Plastic Jesus memberi aspirasi lewat sebuah karya seni patung berwarna emas yang perawakannya mirip dengan sang produser. Ia menyimpannya di area Dolby Theatre Hollywood, tempat Oscar 2018 digelar.

"Isu 'casting couch' merupakan sesuatu yang kelam di masa lalu, yang masih menjadi bagian di kultur Hollywood," kata Plastic Jesus dalam statement-nya di Facebook.
Ada Patung Harvey Weinstein Dekat Panggung OscarFoto: REUTERS/Lucy Nicholson

Seniman itu berharap ada gerakan yang lebih nyata untuk mengungkap isu pelecehan seksual.

Weinstein adalah salah satu produser besar di Hollywood. Ia punya kekuatan di industri tersebut. Weinstein juga begitu sukses meraih Oscar untuk kategori Best Picture, dalam film 'The King's Speech' dan 'Shakespeare in Love'.

(nu2/nu2)