detikHot

Academy Awards ke-90

'Dunkirk' dan Seputar Kabar di Belakang Layar

Jumat, 02 Mar 2018 15:55 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Dok. Warner Bros. Entertainment Inc.
Jakarta - 'Dunkirk' menceritakan tentang usaha Inggris pada 1940 menyelamatkan tentara Sekutu. Masing-masing karakter membuat pengorbanan besar, tapi Christopher Nolan tak memberi garis bawah pada salah satunya.

Nolan merancang naskah yang begitu nyata. Meski banyak yang menganggap jalan ceritanya tidak akurat dengan sejarah.

1. Sejarah Dunkirk Akurat atau Tidak?
'Dunkirk' dan Seputar Kabar di Belakang LayarFoto: Getty Images

Film tersebut diawali dengan tentara Sekutu yang berjalan melalui 'Dunkirk', sebuah kota di Prancis yang terletak di seberang Inggris. Mereka mendapat kabar pasukan Jerman mengepung melalui sebuah pesan di kertas.

Sejarawan John Broich menyebut, selebaran itu nyata meski terlihat berbeda dengan yang dipotret dalam film tersebut. Pasukan Jerman telah menguasai seluruh Prancis, dimulai setelah deklarasi perang setahun sebelumnya. Jerman akhirnya berhasil menjebak 400.000 tentara Sekutu di sepanjang pantai Dunkirk.

2. Warga Sipil Jadi Peran Besar Misi Penyelamatan
'Dunkirk' dan Seputar Kabar di Belakang LayarFoto: (Youtube/Warner Bros)

Tentara Sekutu diserang Jerman, pemerintahan Inggris lalu melancarkan usaha untuk membawa banyak tentara ini pulang. Terkait persediaan, mereka benar-benar meminta bantuan sipil.

Pada Mei 1940, BBC menayangkan sebuah permohonan dari pemerintahan Inggris kepada mereka. "Angkatan Laut telah membuat sebuah perintah yang meminta semua pemilik kapal motor 100ft dan 30ft mengirim rincian ke Admiralty dalam waktu 14 hari".

Meski anggota angkatan laut Inggris pada umumnya menjadi kapten dalam kapal sipil tersebut, namun warga sipil juga terkadang diminta untuk menahkodai sendiri.

3. Tak Ada Tokoh Nyata
'Dunkirk' dan Seputar Kabar di Belakang LayarFoto: Dok. Warner Bros. Entertainment Inc.

Meskipun 'Dunkirk' tidak secara eksplisit mengatakan salah satu karakternya adalah tokoh sejarah yang sebenarnya, banyak sejarawan berspekulasi bahwa Kapten William Tennant, perwira Angkatan Laut Inggris, mengilhami sosok Kenneth Branagh.

Tom Hardy berperan sebagai seorang pilot yang memberi perlindungan selama misi penyelamatan, sebelum akhirnya kehabisan bahan bakar. Karakter itu tak didasarkan pada tokoh tertentu yang secara luas mewakili pengalaman banyak tentara.

Fionn Whitehead dan Harry Styles, misalnya, memainkan sosok tentara dengan upaya penyelamatan yang gagal beberapa kali.

4. Laut Jalan Satu-satunya Kembali ke Inggris
'Dunkirk' dan Seputar Kabar di Belakang LayarFoto: dok Dunkirk

Di film 'Dunkirk', semua orang bertekad melepaskan diri dari keputusasaannya yang terus-menerus. Menurut sejarawan, John Broich, film itu tak hanya menampilkan drama, tapi juga ada pertarungan yang begitu parah sehingga tentara Sekutu mengalami beberapa gangguan.

Mereka memutuskan agar bisa bertahan hidup, hanya untuk berjalan melalui laut demi kembali ke Inggris.

5. Efek Suara Perang
'Dunkirk' dan Seputar Kabar di Belakang LayarFoto: dok Dunkirk

Nolan mengarahkan tim suaranya untuk memasukkan sebanyak mungkin rekaman pertempuran asli. Tapi sebagian besar audio ternyata tidak bekerja dengan baik, terutama saat bagian suara yang dibuat oleh pesawat perang.

Nolan juga telah mencari sebuah rekaman atau cetak biru suara kapal selam Jerman yang terkenal, tapi itu tak ditemukannya. Sound Engineer, Richard King pun lantas memutuskan untuk menciptakan kembali suara pesawat dari awal.

"Saya membangun banyak hal. Saya menyimpulkan bentuknya dari foto untuk mencari tahu mana yang terbaik," katanya kepada THR.



(nu2/nu2)

Photo Gallery
googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/hot/skyscrapper', [160, 600], 'div-gpt-ad-1540810316855-0').setTargeting('pos', ['skyscrapper']).addService(googletag.pubads());
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com