Academy Awards ke-90

'The Shape Of Water' Dituding Plagiat

Nugraha - detikHot
Jumat, 23 Feb 2018 11:13 WIB
Foto: The Shape of Water (imdb)
Jakarta - Sebuah gugatan menuduh ada 60 kesamaan antara 'The Shape Of Water' dan sebuah drama tahun 1969. Namun Fox Searchlight menyebut klaim tersebut tidak berdasar.

Film pesaing Oscar itu telah terkena tuntutan hukum yang menuduh bahwa plot surealisnya mirip dengan film lama. Sutradara Guillermo del Toro telah memenangkan BAFTA untuk film tersebut.

Selain itu, film itu juga paling dinominasikan di Oscar dengan 13 nominasi termasuk, Best picture, Best Director dan Best Actress. Tentu saja sebuah kabar yang begitu buruk menjelang perhelatan film terbesar itu.
'The Shape Of Water' Dituding PlagiatFoto: dok Fox Searchlight

Film tersebut menggambarkan tentang percintaan antara seorang cleaning service yang bekerja di sebuah laboratorium rahasia yang diperankan oleh Sally Hawkins dengan makhluk bersisik misterius.

Kisah cinta, elemen, karakter dan tema yang cerdik dianggap mirip dengan sebuah drama berjudul 'Let Me Hear You Whisper'. Gugatan tersebut diajukan oleh putra dari Paul Zindel.

Jika di 'The Shape Of Water' ada premis dasar antara pembersih ruangan yang tuna wicara punya hubungan dengan 'monster', di film 'Let Me Hear You Whisper' makhluk tersebut adalah lumba-lumba yang bisa hidup di sungai dan setengah manusia.
'The Shape Of Water' Dituding PlagiatFoto: Guillermo del Toro (biru) saat di set 'The SHape of Water' (imdb)

Meskipun ada kesamaan yang mencolok, Del Toro, produser Daniel Kraus dan studio Fox Searchlight disebut tidak pernah repot-repot mencari atau mendapatkan lisensi atau bahkan memberi kredit kepada Zindel.

"Itu tak mendasar dan sepenuhnya tanpa pamrih. Bertepatan dengan siklus voting Academy Award, itu seperti menekan studio kami untuk segera menyelesaikannya,' kata Fox Searchlight seperti dilansir Sky News.

(nu2/doc)