DetikHot

movie

Reza Rahadian Juga Pernah Gagal Ikut Casting Lho!

Selasa, 20 Feb 2018 16:59 WIB  ·   Febriyantino Nur Pratama - detikHOT
Reza Rahadian Juga Pernah Gagal Ikut Casting Lho! Foto: Reza Rahadian (Noel/detikHOT)
Jakarta - Reza Rahadian mungkin bisa disebut aktor yang kerap dapat aneka peran utama. Rupanya soal audisi untuk menjadi pemeran utama, ia juga pernah mengalami kegagalan.

"Yang masih casting itu saya HOS Tjokroaminoto, Pendekar Tongkat Emas, maksudnya film yang baru-baru sekarang ini ya. Udah sih itu aja. Karena kadang kan ada open casting, open casting itu kan pengertiannya publik umum siapapun mereka bisa datang untuk ikutan casting. Selama mereka punya headshot, foto dan lain-lain," ujar Reza di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018).


Ditambahkannya, ada juga beberapa produser yang sudah mencatut untuk di film. Akan tetapi, ada juga aktor yang malas untuk audisi. Namun baginya, hal itu biasa.

"Tapi ada juga casting yang beberapa produser udah list, shortlist gitu, misalkan ada 30 aktor yang udah punya pengalaman, experience actor untuk diundang ekspedisi, terserah aktornya mau apa nggak melewati proses audisi. Itu nggak semua juga mau, karena ada beberapa orang yang 'oh masih audisi ya? Kayaknya nggak deh' gitu kalau saya sih cuek ya, mau audisi mau nggak," beber Reza Rahadian.

Punya segudang pengalaman di dunia seni peran, Reza pun pernah gagal dalam hal audisi. Terutama pada awal kariernya, ia pernah dianggap kurang maksimal. Namun ia punya opini yakni banyak aktor yang tak terpilih karena beberapa faktor.

"Sering lah, ya artinya macam-macam alasannya, karena tidak cocok karena dianggap permainannya kurang maksimal. Apalagi di awal-awal karier ya, proses belajar masih terjadi. Alasan tidak terpilihnya seseorang di audisi itu banyak, beragam macamnya. Ada yang karakternya nggak cocok, ada yang permainannya oke, fisiknya misalnya bukan karakter ini yang dicari, karena zaman sekarang itu kecenderungannya itu tidak sedikit yang mencari sesuai skenario saja, misalkan skenarionya bilang tokohnya brewok, penampilannya awut-awutan cuek, sampai akhirnya nyari yang hampir mirip, yang sekiranya udah mirip-mirip dengan skenario," ungkap Reza Rahadian.

"Padahal sebenarnya di situ tugasnya aktor untuk bisa tampil berbeda untuk setiap perannya, jadi harus memberikan kesempatan untuk mereka yang kelihatannya rapi, tapi ternyata dia bisa transformasi dirinya untuk jadi awut-awutan, berantakan, dan lain-lain. Namanya juga aktor, mereka harus siap dengan segala request dan tantangan yang dikasih, mungkin rasanya di zaman sekarang lebih banyak yang nyari udah dekat dengan skenarionya. Nggak sedikit yang kayak gitu," pungkasnya.


(fbr/mau)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed