DetikHot

movie

Aroma Mistik Saat Syuting Film 'Nini Thowok'

Kamis, 01 Feb 2018 20:45 WIB  ·   Edzan Raharjo - detikHOT
Aroma Mistik Saat Syuting Film Nini Thowok Foto: Nini Thowok (Edzan Raharjo/detikcom)
Yogyakarta - 'Nini Thowok' merupakan permainan kesenian pada masyarakat Jawa yang sarat dengan nuansa mistis. Nini Thowok adalah permainan boneka yang terbuat dari siwur atau batok kelapa dan dimainkan untuk mengundang roh atau arwah.

Nini Thowok yang juga dianggap saudara dari Jailangkung ini diangkat dalam sebuah film layar lebar bergenre horror. Beberapa pemain di film ini pun mengaku mendapat sentuhan-sentuhan mistis saat mereka syuting disejumlah lokasi.

Sejumlah lokasi yang dijadikan tempat syuting diantaranya pasar Beringharjo Yogyakarta, pabrik Gula Gondang di Klaten, dan pasar Klewer di Solo.

Gesata Stella yang berperan sebagai Nyonya Oei dalam film Nini Thowok mengaku mendapatkan pengalaman aneh saat menjalani syuting di pabrik gula Gondang Klaten. Pengalaman mistis tersebut terjadi saat ia melakukan proses make up dan memakai kostum kimono panjang untuk memerankan Nyonya Oei. Ia seperti kerasukan.

"Saya tiba-tiba mengalami sesak napas, lalu ditawari break dulu. Tapi saya bilang sanggup lanjut. Tapi seperti terus masuk dalam diri, akhirnya saya tak bisa syuting," kata Gesata Stella saat di De Kendhil Resto, Yogyakarta, Kamis (1/2).

Pengalaman lainya adalah saat ia harus syuting di bawah pohon beringin sendirian dengan boneka Nini Thowok. Baginya itu pengalaman yang luar biasa untuk berperan di film horor tersebut. Tetapi dari film inilah ia mengetahui apa Nini Thowok dalam tradisi Jawa dan juga bisa belajar akulturasi budaya.

Ingrid Widjanarko yang berperan sebagai Mbok Girah mengaku ada hal-hal khusus sebelum memulai peranya. Ia harus permisi atau meminta izin terlebih dahulu sebelum memulai adegan.

"Saya menghargai, adegan ritual ini gak boleh main-main, harus hati-hati," kata Inggrid Widjanarko.

Menurutnya, film ini tidak semata-semata tentang kisah horor tetapi yang juga tentang akulturasi budaya Jawa dan Cina. Nini Thowok menggambarkan sosok perempuan yang berwajah putih. Ia dipanggil 'Nini' karena perempuan Cina.

Produser film, Hendro Djasmoro mengatakan sudah melakukan riset sebelum mengangkat legenda masyarakat Jawa ini menjadi sebuah film. Film horor baginya tidak akan mati selagi teknik pemnbuatanya bisa semakin baik.

"Kita riset, kurang lebih satu tahun ide ini kita kembangkan," katanya.

Film horor ini dibintangi oleh Natasha Wilona sebagai Nadine, kemudian juga sejumlah artis lainya seperti Amec Aris, Jajang C. Noer, Ingrid Widjanarko, Gesata Stella, Al Buqhory, Nicole Rossi, Slamet Ambari. Film ini disutradarai oleh Erwin Arnada.

Film ini akan tayang di bioskop pada tanggal 1 Maret 2018.


(dal/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed