DetikHot

movie

Bertemakan Nilai Pancasila, 5 Sutradara Bersatu Buat Film 'Lima'

Selasa, 30 Jan 2018 17:28 WIB  ·   Mauludi Rismoyo - detikHOT
Bertemakan Nilai Pancasila, 5 Sutradara Bersatu Buat Film Lima Foto: Lola Amaria (Mauludi Rismoyo)
Jakarta - Lola Amaria, Shalahuddin Siregar, Tika Pramesti, Adriyanto Dewo, dan Harvan Agustriansyah bergabung membuat film omnibus berjudul 'Lima'. Film itu akan bertemakan soal nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila di Pancasila.

Lola Amaria mengatakan, film 'Lima' bakal memiliki lima cerita berbeda dari tiap para sutradara yang mewakili masing-masing sila dalam Pancasila. Meski begitu, lanjutnya, semuanya berkaitan dalam satu plot besar cerita.

"Project film 'Lima' ini yang menarik adalah suatu film utuh yang disutradarai 5 orang dengan 5 cerita. Ini kita bilang Pancasila ya dari sila satu sampai lima, ini nggak putus di satu film, ini utuh," ujar Lola saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (30/1/2018).


Alasan Lola Amaria dan empat sutradara lainnya mau menggarap film itu lantaran ingin mencoba menumbuhkan nilai-nilai dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka akan berusaha mendekatkan nilai-nilai tersebut lewat film 'Lima'.

"Pancasila itu bukan untuk dihapalkan, tapi gimana cara kita untuk menggunakan Pancasila sehari-hari, di mana kita harus bisa menerima keberagaman, toleransi, kemusyawarahan. Di mana sekarang banyak orang yang tidak berprokemanusiaan, mencuri belum tentu salah dihakimi masalah. Ada psangan yang lagi makan digrebek itu kan mereka udah kehilangan akal sehat. Film ini berusaha untuk mendekatkan ke sana, dalam sehari-hari yang dekat dengan kita keluarga, tempat kerja," tutur Lola Amaria.

Dikatakan Lola, film 'Lima' bakal mengambil cerita tentang sebuah keluarga yang berjuang menanamkan dan mengajarkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta bagaimana menjadi keluarga Pancasilais. Film itu pun bukan film dengan visualisasi Pancasila yang penuh adegan heroik.

Lola Amaria juga menjelaskan soal alasannya menggarap film bersama empat sutradara lain. Bukan karena tak sanggup, namun dirinya ingin mencoba sebuah konsep lain.

"Mencoba sesuatu yang baru supaya penonton punya rasa dan nggak flat. Ini warna dan tone-nya berbeda. Ini menarik banget buat penonton dan kita tertantang karena belum pernah bikin kayak ini juga. Nggak gampang loh urus ini, kita menyatukan 5 sutradara, saya harus mengikuti proses kreatif dari awal. Saya support masing-masing director tanpa harus over budget," pungkas Lola.

Film 'Lima' akan dibintangi Prisia Nasution, Tri Yudiman, Baskara Mahendra, Yoga Pratama, dan masih banyak lainnya. Film tersebut direncanakan tayang 1 Juni 2018.


(mau/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed