DetikHot

movie

'Laskar Pelangi' dan 'Pendekar Tongkat Emas' Hadir di ASEAN Film Festival 2017

Minggu, 10 Des 2017 17:38 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Laskar Pelangi dan Pendekar Tongkat Emas Hadir di ASEAN Film Festival 2017 'Laskar Pelangi' dan 'Pendekar Tongkat Emas' Hadir di ASEAN Film Festival 2017 Foto: KBRI Den Haag
Jakarta - Dua film Indonesia ditayangkan kembali di ajang ASEAN Film Festival 2017 Kinepolis Jaarbeurs, Utrecht, Belanda. Festival yang berlangsung selama tiga hari itu menampilkan film 'Laskar Pelangi', 'Pendekar Tongkat Emas', dan Zulfani Pasha yang berperan sebagai Ikal di 'Laskar Pelangi'.

Saat malam pembukaan di gedung bioskop Kinepolis di Utrecht, Belanda, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja mengatakan film merupakan media komunikasi untuk menyampaikan pesan.

"Film biasanya menggambarkan nilai-nilai penting bagi masyarakat atau komunitas yang digambarkannya. Lewat film-film ini, diharapkan masyarakat di Belanda akan lebih mengerti nilai-nilai dan budaya di berbagai negara ASEAN," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Minggu (10/12).



AFF 2017 di Kinepolis Utrecht menjadi panggung bagi 10 film dari kelima negara ASEAN, yang perwakilannya ada di Belanda. Indonesia mempersembahkan dua film produksi Miles Films, yakni 'Laskar Pelangi' (The Rainbow Troops) yang rilis 2008 silam dan disutradarai oleh Riri Riza. Serta 'Pendekar Tongkat Emas' (The Golden Cane Warrior) tahun 2014 yang disutradarai oleh Ifa Ifansyah.

'Laskar Pelangi' dan 'Pendekar Tongkat Emas' Hadir di ASEAN Film Festival 2017'Laskar Pelangi' dan 'Pendekar Tongkat Emas' Hadir di ASEAN Film Festival 2017 Foto: KBRI Den Haag


Antusias pengunjung di hari pertama pun membludak. Seorang warga negara Filipina yang tinggal di Utrecht, Grace, mengatakan terkesan dengan film 'Laskar Pelangi'.

"Lewat film ini saya bisa melihat apa yang terjadi di Indonesia, melihat muslim di Indonesia," katanya.

ASEAN Film Festival 2017 (AFF 2017) diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, bekerjasama dengan kedutaaan besar negara-negara ASEAN yang ada di Belanda, yakni Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Acara ini digelar dalam rangka perayaan ulang tahun ASEAN -- Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara-- ke-50, dan diprakarsai oleh Indonesia, yang tahun ini menjadi ketua ASEAN Committee in The Hague.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed