DetikHot

movie

Kreator Karakter Marvel Berbagi Kisah di Singapore Media Festival 2017

Jumat, 01 Des 2017 12:17 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Kreator Karakter Marvel Berbagi Kisah di Singapore Media Festival 2017 Foto: Sana Amanat (Saras/detikHOT)
Singapura - Sebuah sesi bertajuk 'Creative Thinking & Story Telling' diadakan sebagai bagian dari acara Asia TV Forum & Market 2017. Sesi tersebut menghadirkan Sana Amanat, orang di balik tokoh-tokoh yang ada di dalam Marvel Universe.

Saat ini, Sana Amanat menjabat sebagai Director of Content & Character Development dari Marvel. Bersama dengan Kamala Khan, ia juga menjadi orang yang bertanggung jawab dalam membangun karakter pahlawan super yang ada di dalam kisah Marvel.

Bicara dalam sesi tersebut, Sana Amanat bercerita asal mula kariernya sebagai komikus. Sebelum bekerja di Marvel, ia menuturkan pernah bekerja pada sebuah perusahaan komik kecil yang hanya mempekerjakan enam orang.

"Saya terjun ke industri ini karena saya begitu suka bercerita, saya suka buku dan komik. Cerita itu ibaratnya jendela dimana apapun menjadi mungkin. Saya senang melihat masa depan," ungkapnya dalam sesi yang diadakan di Roselle Ballroom, Marina Bay Sands Convention Center, Kamis (30/11/2017).

Pada sesi tersebut, ia juga menceritakan apa saja yang ia lakukan ketika membangun sebuah karakter.

"Saya belajar sedikit character studies. Bagaimana membangunnya menjadi karakter yang kuat," ucapnya.

Bekerja di industri hiburan dan kultur pop, rupanya Sana Amanat memiliki pandangannya sendiri mengenai bidang yang ia tekuni. Dalam sesi itu, Sana Amanat juga turut mengkritisi standar cantik yang berlakukan oleh hiburan dan kultur pop.

Lewat karakter yang ia kembangkan, Sana Amanat mencoba melawan hal tersebut. Baginya cantik tidak harus melulu berkulit putih dan pirang. Kecantikan baginya beragam.

Keberagaman dan gender pada akhirnya menjadi isu yang penting dan disoroti oleh Sana Amanat.

"Saya rasa ada banyak sekali dialog mengenai hal tersebut. Rasanya kita benar-benar harus membicarakan persoalan gender dan kebergaman. Harus ada dialog nyata yang terjadi tentang hal itu," katanya.

Sebagai perempuan yang memegang peranan penting di Marvel, perjalanan karier Sana Amanat tidak selalu mulus. Akan tetapi hal tersebut bukan menjadi penghalang baginya.

"Ini adalah industri yang keras untuk perempuan. Sangat sulit tapi saya juga memiliki banyak pendukung dan teman yang memiliki pahaman yang sama," ujarnya.

Asia TV Forum & Market merupakan bagian dari Singapore Media Festival 2017. Tahun ini, acara tersebut digelar selama 11 hari mulai dari 23 November hingga 3 Desember 2017.

Selain Asia TV Forum & Market, ada sejumlah acara menarik lainnya yang menjadi bagian dari Singapore Media Festival, sebut saja Singapore Internatioan Film Festival (SGIFF), Asian Television Awards (ATA), dan lain sebagainya.
(srs/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed