DetikHot

movie

Lewat Film, Lukman Sardi Kampanye Hentikan Kekerasan Seksual di Indonesia

Jumat, 17 Nov 2017 20:41 WIB  ·   Hanif Hawari - detikHOT
Lewat Film, Lukman Sardi Kampanye Hentikan Kekerasan Seksual di Indonesia Foto: Lukman Sardi (Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta - Dalam rangka memperingati kampanye global 16 Days of Activism, atau yang dikenal di Indonesia sebagai Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16HAKTP). Kalyanashira Films dan 100% Manusia Film Festival membuat sebuah kampanye yang diberi nama EnamBelas Film Festival (16FF).

Acara yang bertujuan mengajak masyarakat luas untuk menghapus kekerasan berbasis gender dan seksual itu rencananya akan dimulai pada 25 November hingga 10 Desember 2017. Acara itu akan mengambil tema 'Negara Wajib Hadir Untuk Perempuan'.

"Intinya sih ini sebuah campaign supaya hilangnya kekerasan seksual, terutama terhadap perempuan. Karena dari data-data yang ada bahwa kekerasan seksual di Indonesia itu banyak gitu kan. Dan buat kita ini di sini sesuatu hal yang sangat bikin kita concern banget gitu," beber Lukman Sardi sebagai salah satu volunteer Ambasador kepada detikHOT saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (17/11/2017).

"Gimana pun juga, perempuan itu semua kan punya hak yang sama. Bukan berarti dari budaya yang mengatakan bahwa perempuan itu lemah dan segala macem, dia harus mendapatkan perlakuan seperti hal kayak gitu," sambungnya melanjutkan.


Dalam agenda tersebut, 16FF akan memutarkan sebanyak 32 film. Diantaranya adalah 16 film panjang dan 16 film pendek selama 16 hari kampanye. Film pun akan ditayangkan di 12 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bengkulu, Jambi, Bandar Lampung, Depok, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Papua.

Bahkan film yang akan ditayangkan tersebut diketahui merupakan karya yang sesuai dengan tema dan komitmen mereka untuk melakukan penghapusan kekerasan gender dan seksual.

"Jadi buat gue itu penting, mulai dari misalnya, makanya ada 16 film. Dan buat gue, film itu kan sebuah media yang paling gampanglah dipergunakan untuk mempengaruhi kan. Nah makanya melalui film lah kita coba untuk mengkampanyekan ini. Beberapa film Indonesia yang memang bicara tentang itu," tutur Lukman Sardi.

"Udah ada filmnya. Jadi rata-rata ya ada film-film lama lah yang memang bicara tentang itu dan udah dikurasi dari pihak panitia," pungkasnya.

Acara tersebut akan dikampanyekan oleh 16 volunteer Ambassador, selain Lukman Sardi, diantaranya ada Ananda Sukarlan, Atiqah Hasiholan, Chelsea Islan, Chicco Kurniawan, Hannah Al Rasyid, Happy Salma, Karina Salim, Putri Ayudya, Reza Rahadian, Rio Dewanto, Tara Basro, Refal Hady, Richard Kyle, Tatyana Akman, dan Vivi Yip.

Rencananya, acara akan dibuka pada 25 November 2017 mendatang pada pukul 14.00 WIB di SAE Institute, Pejaten, Jakarta Selatan, dan ditutup pada 10 Desember di CineSpace, Summarecon, Tangerang. Acara pun dibuka untuk umum dan gratis.

Ngomong-ngomong, apa tanggapan Lukman Sardi soal kecelakaan Setya Novanto ya? Yuk tonton:

[Gambas:Video 20detik]


(hnh/mau)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed