DetikHot

movie

IMAX Jadi Bagian Industri Perkembangan Film Dunia

Kamis, 16 Nov 2017 16:25 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
IMAX Jadi Bagian Industri Perkembangan Film Dunia Foto: IMAX
Jakarta - Industri film dunia semakin berkembang dengan kehadiran teknologi IMAX. Teknologi ini memberikan pengalaman berbeda bagi pencinta film.

IMAX membawa tampilan sebuah film menjadi lebih terlihat nyata. Baru-baru ini, teater IMAX ketujuh di Indonesia resmi dibuka.

Menurut Direktur Pengembangan Teater dan Strategi Global IMAX Corporation, Sarah Hasnoo, hingga kini ada 1300 teater bioskop IMAX yang tersebar di 75 negara termasuk Indonesia.

"Kami tak hanya memiliki teater, namun juga kamera yang kini banyak digunakan di industri perfilman dunia," ujar Sarah Hasnoo kepada detikHOT saat ditemui di kawasan Bumi Serpong Damai, dalam peresmian IMAX di mall The Breeze.

Film-film tersebut di antaranya 'Transformers: The Last Knight' hingga yang teranyar 'Dunkirk' garapan Christopher Nolan.

"IMAX memang menjadi bagian dari perkembangan film-film masa kini. Tahun depan, ada 'Avengers: Infinity War' yang juga menggunakan sebagian produksinya menggunakan kamera ini," imbuh Sarah Hasnoo.

IMAX tak hanya sekadar menjadi cara baru untuk menyaksikan film. Teknologi ini memungkinkan penonton merasakan momen demi momen yang muncul dalam cerita.

Dalam 'Dunkirk', pemandangan yang luas digunakan untuk efek yang besar dalam film ini. Seperti yang pernah diungkapkan sang sinematografer, Hoyte van Hoytema, "IMAX sebenarnya bukan format yang digunakan banyak orang untuk mengambil gambar secara close-up, secara historis. Tapi momen close-up bekerja seperti ketika proses pengambilan gambar secara melebar atau landscape. Akan ada banyak detail. Menurut pendapat saya, itu cocok untuk membuat visual yang intim bagi penonton," tutur sang sinematografer.


(doc/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed