DetikHot

movie

Ada Peran Steven Spielberg di Keberhasilan 'Dunkirk' Karya Nolan

Rabu, 08 Nov 2017 10:30 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Ada Peran Steven Spielberg di Keberhasilan Dunkirk Karya Nolan Foto: Gettyimages
Jakarta -

'Dunkirk' menjadi film tentang Perang Dunia II yang paling menguntungkan sepanjang masa. Namun pencapaian yang 'Dunkirk' peroleh tak hanya datang dari tangan dingin Christopher Nolan.

Variety mengutip juga ada peran Steven Spielberg dalam film tersebut. Christopher Nolan mengungkapkan, sebelum melakukan produksi filmnya, ia meminta
Spielberg untuk memberi saran dan bantuan.

Nolan terkesima dengan adegan 30 menit pertama dalam 'Saving Private Ryan'. Momen yang tak terprediksi sekaligus menjadi arena pembantaian bagi para tentara di awal film tersebut terngiang-ngiang di kepala Nolan saat dirinya hendak menggarap 'Dunkirk'.

Ada Peran Steven Spielberg di Keberhasilan 'Dunkirk' Karya NolanFoto: dok Dunkirk


Nolan sadar ia tak bisa menandingi Spielberg dalam menggambarkan kejamnya perang yang dialami para tentara yang menghidupkan kembali kondisi perang di Pantai Omaha.

"Aku memberi tahu Nolan, untuk meninggalkan imajinasinya untuk 'Dunkirk'. Aku melakukan hal yang sama ketika aku menggarap 'Saving Private Ryan' dulu," ungkap Spielberg.

Nolan juga meminta rekaman film 'Saving Private Ryan' pada Spielberg. Bersama tim produksinya, sutradara asal Inggris itu menonton ulang dan mencari cara menggambarkan situasi yang akan mereka tampilkan dalam 'Dunkirk'.

"'Saving Private Ryan' sama sekali tak kehilangan daya magisnya sepanjang film itu diputar. Film tersebut dibuka dengan adegan yang begitu mengerikan dan berlanjut di adegan-adegan berikutnya yang tak jauh berbeda. Kami sadar kami tak bisa menandinginya, akhirnya kami memutuskan mengeksekusi 'Dunkirk' dengan cara berbeda," tutur Christopher Nolan.

Nolan akhirnya memutuskan untuk menggambarkan kondisi yang lebih intens yang dirasakan oleh para tentara Inggris. Situasi di mana mereka terjebak di antara laut dan tentara Jerman menjadi sebuah momen untuk mengambil perasaan yang dialami oleh tentara-tentara yang mengharapkan bantuan segera datang.

Ada Peran Steven Spielberg di Keberhasilan 'Dunkirk' Karya NolanFoto: dok Dunkirk


"Aku memutuskan menggambarkan ketegangan yang dihadapi oleh para tentara tersebut. Ini menjadi bentuk ketegangan yang berbeda, ketegangan yang bukan datang dari sebuah aksi kekerasan namun sebuah bahaya yang mengancam nyawa," ujar Nolan.

'Dunkirk' menerima sejumlah review positif dari para kritikus. Tak sedikit pujian juga diterima Christopher Nolan juga dari sisi sinematografi yang dibawa oleh Hoyte van Hoytema.

'Dunkirk' kini tengah disodorkan melaju di arena kompetisi Academy Awards untuk Oscar 2018. Nolan sendiri melakukan riset selama sepuluh tahun untuk akhirnya memfilmkan kisah survival para tentara Inggris yang pernah terlibat dalam perlawanan menghadapi Jerman di Perang Dunia II.









(doc/doc)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed