DetikHot

movie

Film 'Wage' Perkuat Sejarah Lahirnya WR Supratman di Purworejo

Selasa, 07 Nov 2017 14:15 WIB  ·   Rinto Heksantoro - detikHOT
Film Wage Perkuat Sejarah Lahirnya WR Supratman di Purworejo Foto: Film Wage (Rinto Heksantoro)
Jakarta - Sejarah lama menyebutkan bahwa WR Soepratman lahir di Meester Cornelis Jatinegara, Jakarta. Namun setelah melalui beberapa penelitian yang melibatkan para ahli, terkuak bahwa sang komponis lagu Indonesia Raya itu lahir di Dusun Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Salah satu penguatan sejarah juga denga dibuatnya film berjudul "Wage". Film garapan sutradara John De Rantau mengulas Musisi Wage Rudolf Supratman yang menjadi sosok penting pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya". Namun, keterbatasan referensi dan dokumen sejarah mengenainya membuat kisah hidup dan perjuangan sang pahlawan nasional itu belum diketahui secara gamblang.

Film dengan pemeran utama Rendra Bagus Pamungkas sebagai WR Supratman dan Prisia Nasution sebagai Salamah kekasih WR Supratman tersebut tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 9 November 2017. Sang sutradara sendiri awalnya mengalami kesulitan dalam pembuatan film tersebut.

"Sulit sekali merunut sejarah demi pembuatan film ini. Film Wage merupakan film kebangsaan tentang sosok kehidupan nyata namun tidak pernah terlihat jelas bagaimana hidupnya, tentang sejarah gelap bangsa Indonesia yang tidak terbuka dengan baik. Lewat film ini saya juga mencoba mencubit para sejarawan untuk jujur dalam menuliskan sejarah," tutur John di sela-sela acara Diskusi Sejarah dan Film Wage Rudolf Soepratman di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017).

" Film tentang kisah Wage melalui riset panjang selama tujuh tahun. Saya membaca sumber tertulis yang mengulas sejarah hidup Wage, memburu karya-karya karangannya, hingga mewawancarai ahli waris almarhum," lanjutnya.

Film berdurasi 120 menit Yang dibintangi Rendra Bagus Pamungkas, Teuku Rifnu Wikana, Prisia Nasution, Putri Ayudya, Khoirul Ilyas Aryatmaja, Ecky Lamoh, Eko Pethel, dan sederet pemeran berkebangsaan Belanda itu diharapkan akan menjawab banyak pertanyaan soal Wage yang lahir di Somongari, Purworejo, Jawa Tengah, 19 Maret 1903.

Sementara itu Rendra, sang pemeran Wage yang ikut hadir dalam acara yang diramaikan oleh ratusan guru di Purworejo itu, mengatakan sempat takut karena merasa kurang bisa merepresentasikan sosok Wage yang seorang seniman. Namun karena kemantaban hati dan tantangan spiritualis, ia pun bisa secara apik memerankan sosok pencipta Lagu Indonesia Raya itu.

"Cara memegang biola saja saya takut kalau sampai salah. Jujur, secara spiritualis saya juga ijin kepada WR Supratman agar bisa merepresentasikan sosok beliau dengan baik meski jauh dari kata sempurna," tuturnya.
(doc/doc)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed