DetikHot

movie

'Blade Runner 2049': Menemukan Masa Lalu Kembali di Dunia Dystopia

Senin, 09 Okt 2017 12:00 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Blade Runner 2049: Menemukan Masa Lalu Kembali di Dunia Dystopia Foto: Blade Runner 2049 (imdb)
Jakarta -

Dunia tak lagi sama di tahun 2049. Namun ada masa lalu yang tak bisa dihilangkan begitu saja ketika Rick Deckard (Harrison Ford) tiba-tiba lenyap tanpa jejak.

Deckard menghilang setelah ia diketahui mangkir dari tugasnya memburu replikan bikinan Tyrell Corporation yang memasuki bumi. Peristiwa itu terjadi setelah Deckard bertemu dengan seorang replikan bernama Rachael.

Namun Tyrell Corporation di 2049 mengalami kebangkrutan. Wallace Corporation hadir sebagai perusahaan baru yang memproduksi replikan yang tak hanya mutakhir namun juga penurut.

'Blade Runner 2049': Menemukan Masa Lalu Kembali di Dunia DystopiaFoto: Dok. Warner Bros. Pictures



Perusahaan itu pun berusaha untuk membasmi replikan-replikan lama produksi Tyrell yang masih hidup.

Seorang petugas polisi LAPD K (Ryan Gosling) diberi tugas untuk memburu replikan-replikan lama untuk dipensiunkan. Namun targetnya bernama Sapper Morton yang berhasil ia lumpuhkan menggiring dirinya ke sebuah investigasi baru.

Investigasi itu membuat dirinya dipertemukan dengan Deckard lewat sebuah insiden.

'Blade Runner 2049': Menemukan Masa Lalu Kembali di Dunia DystopiaFoto: Dok. Warner Bros. Pictures



Sutradara Denis Villeneuve menggarap 'Blade Runner 2049' kental dengan nuansa dystopia nan suram dan kelam. Kita diperkenalkan pada agen K yang berjalan mengikuti apa yang dilakukan Deckard sebelumnya.

K mencari keberadaan android dan memburu mereka untuk mengakhiri hidup mereka.

"Bagaimana rasanya?," tanya Sapper Morton sebelum K menghabisi dirinya. Penonton kemudian dibayang-bayangi jawaban agen K yang menjelaskan dirinya hanya menjalani tugasnya karena "ia tak pernah melihat keajaiban."

Lewat K juga, penonton diajak menyelami dunia yang tak lagi hanya sekadar modern ketika K pulang ke apartemennya disambut oleh kekasih hologramnya bernama Joi. Di momen ini, kita diingatkan bentuk artificial intellegent seperti Samantha dalam 'Her' garapan Spike Jonze.

'Blade Runner 2049' membawa sosok K yang teringat akan masa lalunya terlebih setelah ia menemukan Deckard. Replikan kerap dianggap tak bisa bersanding dengan manusia. Namun masa lalu Deckard membantah itu semua.


(doc/tia)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed