Sutradara Tak Pernah Targetkan Film 'Turah' Masuk Seleksi Nominasi Oscar

ADVERTISEMENT

Sutradara Tak Pernah Targetkan Film 'Turah' Masuk Seleksi Nominasi Oscar

Veynindia Esaloni Pardede - detikHot
Rabu, 20 Sep 2017 09:35 WIB
Foto: Turah (Twitter)
Jakarta -

Film 'Turah' yang dipercayakan mewakili Indonesia berkompetisi masuk seleksi nominasi Oscar 2018 diakui sang sutradara tak pernah ia sangka. Diakui sang sutradara, Wicaksono Wisnu Legowo ini, 'Turah' ia buat hanya karena ia diminta Ifa Isfansyah menelurkan sebuah karya perdana dari dirinya.

"Tahun 2014 saya disuruh mas Ifa, bikin film pertama. Terus aku bikin cerita dan naskah jadi 2014, tapi belum syuting. Terus 2016 bikin skenario, dan 2 jam kemudian mas Ifa langsung mau bikin film ini," ungkap Wicak saat berbincang lewat sambungan telepon, Rabu (20/9/2017).



Ifa Isfansyah yang duduk sebagai produser kemudian membawa 'Turah' ke berbagai festival film. Film ini sempat mampir di Singapore International Film Festival tahun lalu.

'Turah' juga tayang di ajang Jogja-Netpac Asian Film Festival.

"2016 akhir, terus masuk festival, terus baru masuk di bioskop bulan kemarin dan hanya bertahan 2 minggu lebih di Tegal. Sampai dicalonkan mau masuk Oscar saya nggak nyangka umurnya sepanjang ini," urai Wicak lagi.



Film ini diakui Wicak digarap minimalis. Produksi film ini tidaklah besar dan digarap seadanya menampilkan keadaan sebuah kehidupan terbatas di sebuah tempat bernama Kampun Tirang.

"Di luar skrip yang diberi kuasa penuh ke saya, budget film ini nggak besar untuk produksinya," tukas Wicak.

(doc/doc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT