DetikHot

movie

7 Hal tentang Heath Ledger dalam Film Dokumenter

Jumat, 19 Mei 2017 12:35 WIB  ·   Ollivia Pratiwi - detikHOT
7 Hal tentang Heath Ledger dalam Film Dokumenter Foto: Heath Ledger (Carlo Allegri/Getty)
Jakarta -

Siapa yang dapat melupakan sosok Joker dalam film 'The Dark Knight'? Heath Ledger adalah sosok dibaliknya. Dia adalah seorang aktor yang meninggal di usia muda.

Dikutip dari Time, Jumat (19/05/2017), di suatu wawancara Ledger pernah ditanya tentang sebuah film dokumenter tentang dirinya. Ledger menjawab sambil tertawa, "Saya pikir hal itu akan menjadi film yang cukup membosankan,". Sembilan tahun setelah kematiannya, film dokumenter tersebut menjadi kenyataan dan film tersebut sama sekali tidak membosankan.

Disutradarai oleh Derik Murray dan Adrian Buitenhuis, film ini melukis kehidupan aktor asal Australia tersebut melalui rekaman yang diambil oleh Ledger sendiri, serta berisi wawancara dengan keluarga, teman dan koleganya. Diantaranya, teman masa kecil serta mantan pacarnya, Naomi Watts, agen lama dan sobatnya, Steve Alexander dan sutradara yang pernah bekerja sama dengannya seperti, Ang lee dan Catherine Hardwicke.

Film dokumenter yang akan disiarkan malam ini di Spike pukul 10:00 EST juga tersedia di iTunes dan Amazon pada tanggal 23 Mei. Melalui kenangan dari orang-orang terdekatnya, Ledger seolah-olah kembali sebagai sosok ayah yang setia, aktor yang perkerja keras, pecinta musik, dan seorang pecinta catur.

Berikut adalah beberapa hal tentang Ledger yang kurang dikenal namun disorot dalam film tersebut:

Ledger yakin telah mengacaukan tes layar dengan idolanya, Mel Gibson

Ledger besar dengan mengidolakan aktor 'Mad Max', Mel Gibson, yang dulunya adalah aktor Australia terbesar. Pada tahun 2000, Ledger mendapat kesempatan adu akting dengan Gibson dalam film 'The Patriot'. Ketika melakukan tes layar, dia menghentikan dialog serta audisinya dan meminta maaf pada Gibson dan sutradara Roland Emmerich karena telah membuang-buang waktu mereka. Namun, Gibson dan Emmerich justru melihat sesuatu dalam diri aktor muda tersebut dan memberinya kesempatan memerankan Gabriel Martin dalam 'The Patriot'.

Ledger mulai mengalami masalah tentang popularitasnya saat sedang promosi film 'A Knight's Tale'

7 Hal Tentang Heath Ledger dalam Film DokumenterFoto: Heath Ledger di film 'A Knight's Tale' (Egon Endrenyi/Columbia Pictures/Sony Pictures)



Langkah Ledger selanjutnya setelah 'The Patriot', adalah film tentang petualangan abad pertengahan; 'A Knight's Tale'. Wajah tampan serta rambut berantakannya, disertai dengan janji, "He will rock you," terpampang di seantero Los Angeles. Sebagai temannya, sutradara Matt Amato, dalam dokumenter tersebut berkata, "Dia menginginkan ketenaran. Dan ketika dia mendapatkannya, dia tidak menginginkannya. Dia merasa malu, dan dia merasa dimiliki."

Ang Lee memilih Heath Ledger untuk memerankan Ennis Del Mar dalam film 'Brokeback Mountain' karena penampilannya di 'Monster's Ball'.

Lee mengatakan bahwa awalnya dia tidak yakin apakah Ledger mampu berakting dalam film tersebut. Namun, pada akhirnya Lee tetap mempekerjakannya karena peran Ledger dalam film 'Monster's Ball'. Dimana ia berperan menjadi petugas koreksi di sebrang Billy Bob Thornton. Lee Menambahkan bahwa Ledger adalah satu-satunya aktor yang pernah diijinkan untuk melihat monitor setelah pengambilan adegan.

7 Hal Tentang Heath Ledger dalam Film DokumenterFoto: Heath Ledger Jake Gyllenhaal lawan mainnya di 'Brokeback Mountain' (Kevin Winter/Getty Images)



Perasaan Ledger terhadap rekannya dalam film 'Brokeback Mountain', Michelle Williams mulai terlihat setelah Williams cedera di lokasi syuting

Saat syuting adegan dimana Ennis (Ledger) dan Alma (Williams) pergi naik kereta luncur yang mereka naiki mengalami insiden dan Williams harus dibawa ke rumah sakit. "Ketika sampai di rumah sakit, kami melihat Heath memegang tangan Michelle untuk menenangkannya," kenang Lee. "Sangat jelas bahwa dia tertarik pada Michelle." Putri mereka (Ledger dan Williams), Matilda lahir pada tahun berikutnya dan mereka tetap bersama sampai tahun 2007.

Ledger pernah memberikan kejutan berupa grand piano untuk temannya, musisi Ben Harper dan meminta sebuah lagu pengantar tidur sebagai balasannya

Suatu malam, setelah bermain piano di rumah Ledger, Harper pulang untuk istirahat. Dia terbangun karena mendengar keributan di luar. Harper terkejut ketika melihat sebuah grand piano, hadiah dari Ledger, di depan pintu rumahnya. Ketika Harper protes, Ledger justru menjawab, "Piano ini memang diharuskan bersamamu,". Beberapa minggu kemudian, Ledger yang saat itu sedang menantikan kelahiran anaknya dengan Williams, meminta Harper untuk menulis sebuah lagu pengantar tidur yang bisa mereka mainkan untuk anak perempuan mereka saat dia lahir. "Tidak ada yang pernah meminta hal seberharga itu dari saya," ungkap Harper dalam film dokumenter tersebut.

Salah satu trademark nya sebagai Joker adalah hasil eksperimen make up-nya sendiri

7 Hal Tentang Heath Ledger dalam Film DokumenterFoto: Heath Ledger di 'The Dark Knight' (Paul Kane/Getty)



Sebagian besar, Ledger melakukan make up sendiri untuk perannya sebagai Joker di film 'The Dark Knight'. Dia memakai prosthetic di mulutnya untuk menciptakan ilusi bekas luka, namun sering kali terlepas ketika dia berbicara. Alih-alih berulang kali kembali ke ruang make up untuk memperbaikinya, Ledger justru menjilati bibirnya untuk merekatkan prosthetic tersebut. Ketika Ledger terus mengulang tingkahnya, dia justru mulai memasukkannya ke dalam karakter. Untuk perannya sebagai Joker, Heath Ledger memenangkan Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik.

Ledger adalah seorang pemain catur yang handal serta calon direktur

Ledger mencintai catur sejak usia muda, dia pandai dalam hal tersebut. Ayahnya, Kim mengatakan bahwa saat anaknya berusia 10 atau 11 tahun, Legder sudah sulit untuk dikalahkan dan dia hanya tertinggal beberapa poin lagi dari status Grand Master saat dia meninggal. Dia juga seorang sutradara yang memiliki banyak rencana. Setelah menyutradari musik video untuk Harper dan artis Hip Hop, N'fa seorang teman kecilnya. Ledger berencana untuk menggabungkan dua hal yang dia sukai dengan menyutradarai adaptasi dari 'The Queen's Gambit', sebuah nocel tentang pemain catur yang kecanduan obat. Namun Ledger meninggal sebelum produksi dimulai.


(doc/doc)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed